Kunjungan BAPPEDA Provinsi Banten ke Geo AI Lab SOCS BINUS University

Pada Rabu, 3 Juli 2024, tim Peneliti dan Mahasiswa Bina Nusantara (BINUS) School of Computer Science   melalui RIG Geospatial and Economic Artificial Intelligence (Geo-Eco AI) Geo AI Lab di School of Computer Science (SOCS) University menyambut kunjungan dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Banten yang diwakili oleh Didi Hadiyatna, S.E., M.M. selaku Kepala Bidang Riset dan Inovasi Daerah serta Aji Agus Permadi, S.E. sebagai Analis Perencanaan. Kunjungan ini membahas peluang kerjasama Bapedda Provinsi Banten dengan berbagai hasil riset dan teknologi dari tim GeoAI, salah satunya teknologi Geo-AI berbasis Web “Geo-Bee Dashboard”.

Pada tahap pertama ini, perwakilan dari Bapedda Provinsi Banten diajak berkeliling dan melihat langsung ruang server yang digunakan dalam berbagai proyek penelitian dan pengembangan di Artificial Intelligence Research & Development Center (AIRDC) BINUS. Tim AIRDC memaparkan bagaimana infrastruktur teknologi informasi dan kecerdasan buatan digunakan dalam mendukung berbagai riset inovatif di BINUS.

Kemudian, tim Peniliti dan Mahasiswa yang diwakili oleh Dr. Ir. Alexander Agung Santoso Gunawan, S.Si., M.T., M.Sc., IPM, CIRR, Santy, S.Kom, M.Sc., Ajeng Wulandari, S.Kom., M.Kom., Rezki Yunanda, S.Kom., M.Kom., Hari Andrew, Syauqi Akmal Deffansyah, dan Richie Muljana dimulai dengan diperkenalkannya rancangan akhir Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Banten Tahun 2025-2045. Rancangan ini pada intinya membahas mengenai isu dan permasalahan yang sedang diprioritaskan oleh Bapedda Provinsi Banten serta bagaimana BINUS dapat berkontribusi melalui proyek-proyek risetnya.

Dari berbagai riset dan teknologi yang telah dipaparkan oleh tim Peniliti dan Mahasiswa BINUS, Didi Hadiyatna berharap dapat membuka jalan bagi kolaborasi yang lebih erat untuk kedua belah pihak. Dengan adanya dukungan teknologi dan riset dari BINUS, salah satunya GeoBee Dashboard, diharapkan Provinsi Banten dapat lebih efektif dalam merencanakan dan melaksanakan berbagai program pembangunan yang inovatif dan berbasis data. Kami berharap kunjungan ini menjadi awal yang baik untuk kerjasama yang lebih intensif di masa depan, yang tidak hanya menguntungkan kedua belah pihak tetapi juga memberikan dampak positif bagi masyarakat Provinsi Banten.