Bootcamp ANDA-MANTAU selama 4 Minggu untuk Mahasiswa BINUS

Pada 17 Juli 2023 sampai 11 Agustus 2023, telah dilaksanakan Bootcamp ANDA-MANTAU dengan topik “User Requirement Gathering, Basic Web Programming, Basic Mobile Programming, dan Backend API Development.” Bootcamp ini diikuti oleh 14 mahasiswa dari BINUS yang berdedikasi untuk mengembangkan kemampuan di bidang teknologi informasi untuk pengambangan ANDA-MANTAU.

Acara ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar kepada peserta dalam empat topik utama, yaitu:

User Requirement Gathering dibawakan oleh Bakti Amirul Jabar, S.Si., M.Kom : Peserta diberikan pemahaman mendalam tentang metode dan teknik untuk mengumpulkan kebutuhan dari pengguna, menganalisisnya, dan merumuskan persyaratan yang jelas untuk pengembangan sistem yang lebih baik.

Basic Web Programming dibawakan oleh Anderies S.Kom., M.Kom. Peserta diperkenalkan dengan dasar-dasar pemrograman web, termasuk HTML, CSS, dan JavaScript. Mereka belajar tentang struktur halaman web, tata letak, dan interaktivitas dasar.

Basic Mobile Programming Muhamad Keenan Ario, S.Kom., M.Kom. Peserta diberikan gambaran umum tentang pengembangan aplikasi mobile, khususnya pada platform Android dan iOS. Mereka memahami konsep dasar pembuatan aplikasi mobile serta interaksi antarmuka pengguna.

Backend API Development dibawahkan oleh Muhammad Edo syahputra, S.T., M.Kom. S.T., M.Kom. Peserta diajarkan mengenai pengembangan Backend menggunakan bahasa pemrograman tertentu, dengan fokus pada membangun API (Application Programming Interface) untuk menghubungkan aplikasi frontend dan backend.

Bootcamp ini berlangsung selama 5 hari dan dilaksanakan secara intensif dengan metode pembelajaran berbasis proyek dan studi kasus. Para peserta diberikan kesempatan untuk berlatih langsung dalam menyelesaikan tugas dan proyek yang relevan dengan setiap topik yang diajarkan.

Hasil dari Bootcamp ANDA-MANTAU ini menunjukkan tingkat partisipasi dan dedikasi yang tinggi dari para peserta. Mereka menunjukkan semangat belajar yang tinggi dan kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat terhadap materi yang diajarkan.

Kami juga menyaksikan peningkatan signifikan dalam kemampuan peserta dalam setiap topik, dan sebagian besar dari mereka berhasil menyelesaikan proyek dan tugas dengan baik.

Dengan demikian, kami menyatakan bahwa Bootcamp ANDA-MANTAU telah sukses dilaksanakan. Semoga ilmu dan keterampilan yang diperoleh peserta akan memberikan manfaat yang besar bagi perkembangan karir mereka di bidang teknologi informasi.