Cascadeur – Legenda Mobile Mencoba Menandingi Industry Standard

Sumber Gambar: Cascadeur, dengan perubahan
Nekki, studio legendaris dibalik Shadow Fight dan Vector baru saja merilis versi baru dari aplikasi 3D animationnya, Cascadeur! Mari cek apa saja fitur aplikasi ini, dan apa yang dibawa oleh update terbarunya!
Overview

Sumber Gambar: Cascadeur
Cassadeur adalah sebuah aplikasi 3D animation yang menggunakan physics tools dan AI assistance untuk mempermudah proses animasi. Aplikasi ini kompatibel dengan file extension FBX, .DAE dan .USD, sehingga mudah diintegrasikan dengan berbagai workflow animasi.
Features

Sumber Gambar: Cascadeur, dengan perubahan
Cascadeur memiliki berbagai fitur yang membedakannya dari aplikasi animasi 3D lainnya, seperti:
- Easy Model Rigging
User dapat mengdrag-and-drop joint pada model 3D menggunakan tool Quick Rigging yang akan men-generate rig secara otomatis. User dapat membuat rig dengan satu klik pada skeleton standar dari Daz3d, Character Creator, Mixamo, Unreal Engine, Metahuman, Player.me, dan lain-lain. - Animation Unbaking
Animation Unbaking mengubah baked animation (di mana setiap frame adalah keyframe) menjadi animasi yang dapat diedit.Fitur ini secara otomatis memilih keyframe dan interval interpolasi dengan presisi yang diinginkan, sehingga animasi siap untuk diedit. - AutoPosing
User dapat menggunakan controller AutoPosing untuk mengendalikan jari tangan, mempermudah dan mempercepat animasi gestur dan aksi tangan/jari. AutoPosing juga membantu posing secara keseluruhan, menggunakan neural network untuk men-generate pose paling natural. - AutoPhysics
AutoPhysics membantu animator membuat pergerakan yang alami dan realistis tanpa mengubah animasi terlalu jauh. Animasi yang disarankan akan ditampilkan menggunakan duplikat karakter berwarna hijau. - Secondary Motion
Cascadeur memiliki sebuah slider Secondary Motion yang dapat diatur untuk menambahkan pergerakan tambahan seperti pantulan, getaran, dan sebagainya untuk membuat animasi terasa lebih hidup. - Video to Animation
User dapat menggunakan Video Mocap bersama dengan Animation Unbaking dan Fulcrum Motion Cleaning untuk menjadikan sebuah video menjadi animasi, serta mengedit dan merapikan animasi tersebut guna mendapatkan hasil berkualitas tinggi. - Copy/Paste Retargeting
User dapat mentransfer animasi antar karakter hanya dengan dua klik. Berfungsi untuk semua karakter humanoid dengan proporsi berbeda, terlepas dari skeleton mereka. - High Compatibility
Cascadeur mensupport file extension FBX, .DAE dan .USD, memudahkan integrasi dengan berbagai workflow animasi.
Update Features
![]()
Sumber Gambar: Cascadeur, disadur dari 80.lv
Nah, Cascadeur baru dapat update terbarunya yaitu versi 2025.3 yang membawa fitur baru dan redesign fitur fitur lama. Pada update ini Cascadeur memulai integrasi Filament, renderer physics-based milik Google sebagai renderer viewport barunya. Integrasi penuh Filament direncanakan selesai pada versi 2026.1. Renderer ini menawarkan peningkatan dalam lighting, shadows, ambient occlusion, dan material-based rendering. Namun, fitur ini masih dalam tahap eksperimental dan saat ini hanya tersedia untuk pengguna Windows melalui build terpisah.
Update ini juga merevamp sistem inbetweening. Sekarang inbetweening menjadi bagian dari Timeline interpolation System, memungkinkan kombinasi inbetweening dengan interpolasi standar untuk tiap track animasi. Style dapat diatur pada contect menu Timeline untuk workflow yang lebih cepat. AutoPosing dan Quick Rigging sekarang mensupport karakter berkaki empat. Quick Rigging juga menambahkan support untuk bone Twist dan Untwist, yang membantu dalam pengerjaan rig yang lebih kompleks.
Nah, sekian penjelasan tentang Cascadeur. Apakah kamu berminat mencobanya? Kamu bisa melakukan free trial dari website resmi Cascadeur, https://cascadeur.com/ untuk mencoba aplikasi ini secara gratis!
Referensi:
Cascadeur – the easiest way to animate AI-assisted keyframe animation software
Cascadeur 2025.3 Released
Evan Derian Rustam
Author
Content Writer Intern @BINUS Game Application & Technology
Muhamad Fajar
Editor
Lecturer @BINUS Game Application Technology


Comments :