Finalisasi Pengembangan Mata Kuliah Berbasis Studi Kasus : Intro to Geographical Information System

Pengembangan Mata Kuliah Berbasis Studi Kasus adalah suatu mata kegiatan utama dari Matching Fund Kedaireka 2023 di Geo-AI Research and Innovation lab untuk  meningkatkan kualitas pendidikan tinggi. Konsep ini mengintegrasikan pembelajaran dengan situasi dunia nyata dan memberikan mahasiswa kesempatan untuk memahami dan menghadapi tantangan yang sebenarnya. Kegiatan Finalisasi Materi Perkuliahan Intro to Geographical Information System dilakukan dengan menambahkan materi Geospatial Artificial Intelligence dalam kegiatan perkuliahan. Dilaksanakan pada Jumat, 20 Oktober 2023 dan dihadiri oleh 5 orang Dosen dibawah Program Studi Computer Science dan Information System. Adapun keluaran dari kegiatan ini adalah : Course Outline (CO), Online Resources (OR), dan Digital Content (Video Pembelajaran).

Pengembangan mata kuliah berbasis studi kasus dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih mendalam bagi mahasiswa. Dengan menghadapi situasi nyata, mahasiswa dapat menerapkan teori-teori yang mereka pelajari dalam konteks dunia nyata. Dari sudut pandang dosen, pengembangan mata kuliah berbasis studi kasus dapat meningkatkan kualitas pengajaran. Dosen dapat mengintegrasikan pengalaman pribadi mereka dan pengetahuan praktis ke dalam materi pengajaran, menjadikannya lebih relevan dan menarik bagi mahasiswa.

Bagi lembaga pendidikan akan mengalami peningkatan kualitas dengan mengadopsi model mata kuliah berbasis studi kasus. Ini akan meningkatkan reputasi mereka dan menarik calon mahasiswa yang lebih berkualitas dan  membantu mereka untuk tetap relevan dan menghasilkan lulusan yang siap untuk dunia kerja. Dengan masih berjalannya kegiatan penelitian, ada kemungkinan penambahan materi apabila keluaran utama riset ini sudah selesai. Sehingga ada kemungkinan penambahan materi dalam Online Resource (OR) Mata Kuliah ini Dengan diadakannya acara Pengembangan Mata Kuliah Berbasis Studi Kasus, kita dapat melihat manfaat tidak hanya bagi mahasiswa dan dosen, tetapi juga bagi lembaga pendidikan itu sendiri. Pendidikan yang berbasis pada studi kasus dapat menghasilkan lulusan yang lebih siap menghadapi tantangan dunia nyata, sehingga mempersiapkan mereka untuk kesuksesan di masa depan.