Focus Group Discussion dan Visitasi Lapangan antara BINUS dengan PT Perkebunan Nusantara IV (Medan)

Pada Senin 4 September 2023, tim dari RIG Geospatial and Economics AI Universitas Bina Nusantara mengadakan kunjungan ke PT Perkebunan Nusantara, Medan dalam rangka melakukan kegiatan Focus Group Discussion dan Visitasi Lapangan ke perkebunan sawit Afdeling Adolina. Kegiatan ini dilakukan untuk menggali kebutuhan teknis, ketersediaan data, dan tantangan yang mungkin akan dihadapi dalam hilirisasi teknologi pada kegiatan Matching Fund Kedaireka 2023. 

Tim Universitas Bina Nusantara diwakili oleh Bapak Fabian Surya Pramudya, Ph.D., Bapak Dr. Edy Irwansyah, Bapak Dr. Alexander Agung Gunawan Santoso, Ibu Syarifah Diana Permai, M.Si., dan Ibu Santy, M.Kom. sebagai bagian dari Geo-AI Research and Innovation Lab, sedangkan PT Perkebunan Nusantara diwakili oleh Bapak Teddy Badio Baykard, S.Kom., sebagai Kepala Sub Bagian Sistem Informasi yang didampingi oleh Tim IT dan GIS yaitu Bapak Herbert Sitorus dan Bapak Candra Sinaga.

Dalam Focus Group Discussion (FGD) singkat ini tim dari RIG Geospatial and Economics AI Universitas Bina Nusantara menyampaikan ruang lingkup dan topik kegiatan hilirisasi teknologi dan rencana kegiatan Enrichment mahasiswa secara on-site di Medan. Berbagai masukan dan saran, serta rekomendasi didapatkan dari pihak PT Perkebunan Nusantara yang berkaitan dengan ruang lingkup dan pelaksanaan kegiatan. Adapun topik utama yang direkomendasikan dari hasil FGD ini adalah : Deep Learning Classification Model for Normal and Abnormal Palm Tree 

Kegiatan dilanjutkan dengan Visitasi Lapangan ke Afdeling Adolina, yang dapat mewakili kondisi riil tanaman kelapa sawit yang akan digunakan dalam bentuk Peta Foto Digital (Orthophoto) Multispektral. Adapun berbagai kondisi tanaman kelapa sawit seperti abnormalitas, kandungan unsur hara dan produktivitas dari berbagai jenis umur tanaman (TBM : Tanaman Belum Menghasilkan, dan TM : Tanaman Menghasilkan) dapat dilihat secara langsung dari kegiatan ini.

Kedua kegiatan ini diharapkan mampu mempersiapkan tim peneliti terkait dengan teknis Implementasi Sistem Peringatan Dini Kesehatan Tanaman berbasis  Teknologi Kecerdasan Buatan Geospasial untuk Peningkatan Produktivitas Kelapa Sawit dalam sistem Control Tower Dashboard yang dimiliki oleh PT Perkebunan Nusantara IV