International Short Course & Seminar – GeoAI

Geo-AI Research and Innovation Lab, School of Computer Science, Universitas Bina Nusantara bekerjasama dengan beberapa partner seperti, Esri Indonesia, Leica Geosystem, Universitas Brawijaya, Universitas Mulawarman, Universiti Putra Malaysia, Universiti Teknologi MARA, Braga Technologies Indonesia, InfecX Creation Malaysia, dan Ofo Tech Malaysia  membuat rangkaian short course  dan seminar yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan para peserta mengenai geospasial dan kecerdasan buatan selama empat hari untuk kegiatan short course dan satu hari untuk kegiatan seminar.  Melalui acara ini, diharapkan kedepannya para peserta dapat memberikan solusi atas permasalahan yang ada disekitarnya dengan menerapkan teknologi GIS. 

Pada hari pertama, Kamis, 1 Desember 2022, terdapat dua sesi dan dua pembicara dengan topik “GIS Application in Digital Twin Development”. Jumlah peserta yang hadir berjumlah 490 peserta yang terdiri dari mahasiswa, dosen, serta profesional dari dalam dan luar negeri.  Pembicara pertama adalah Ibu Nadira Nuri Auliani dari ESRI Indonesia. Ibu Nadira Nuri Auliani menjelaskan tentang Memulai dengan Modern GIS dan pengenalan ArcGIS Online. 


Dan dilanjutkan oleh pembicara kedua dari Leica Geosystem yaitu Bapak Gilang Widya Wisaksana selaku Country Head-Business Development dan dibantu oleh Bapak Alvitrisno Amini selaku Product Manager- Reality Capture. Dalam sesi ini pembicara menjelaskan bagaimana prosens pengaplikasian dalam mengambil visualisasi teknologi digital twin ke dalam realita.   


Di hari kedua, Jumat 2 Desember 2021, hadir pula dua pembicara. Mereka adalah Ibu Vini Indriasari, Ph.D dari Universitas Bina Nusantara dan Bapak Adipandang Yudono, Ph.D dari Universitas Brawijaya. Kedua narasumber membahas topik  “GIS Application in Urban Studies, Urban Management, or Urban Development”. Jumlah peserta yang hadir pada sesi ini berjumlah 416 peserta yang terdiri dari mahasiswa, dosen, serta profesional dari dalam dan luar negeri. 

Dan pada short course hari ketiga, 5 Desember 2022, kegiatan ini menghadirkan dua pembicara yaitu pembicara pertama Bapak Fabian Surya Pramudya, Ph.D  dan pembicara kedua adalah Bapak Yohanes Budi Sulistioadi, Ph.D dari Universitas Mulawarman. Topik yang diangkat pada sesi ini ada adalah “GIS Application in Forestry and Carbon Trading”. Jumlah peserta yang hadir pada sesi ini berjumlah 422 peserta yang terdiri dari  mahasiswa, dosen, serta profesional dari dalam dan luar negeri. 

Dan pada hari keempat, tepatnya tanggal 6 Desember 2022, short course GeoAI juga menghadirkan dua pembicara yaitu Assoc. Professor Dr. Siti Khairunniza dari Universiti Putra Malaysia dan pembicara kedua oleh Dr. Izrahayu dari Universiti Teknologi MARA dengan topi yang dibawakan pada sesi ini adalah  “GIS Applications in Plantation and Smart Agriculture”. Jumlah peserta yang hadir pada sesi ini berjumlah 413 yang terdiri dari mahasiswa, dosen, serta profesional dari dalam dan luar negeri. 

Sebagai penutup rangkaian kegiatan International Short Course,  pada hari Jumat , 9 Desember 2022 Geo-AI Research and Innovation Lab Universitas Bina Nusantara mengadakan seminar internasional dengan topik Geospatial Technologies for Digital Twin & Green Economics”.  Kegiatan ini menghadirkan 3 pembicara utama yaitu, Bapak Muhammad Armi  dari Founder and Managing Director, OFO Tech  Malaysia. Pembicara kedua adalah Dr. Noordin Ahmad selaku Director and Licensed Land Surveyor IntecX Creation Sdn Bhd, Malaysia, dan pembicara terakhir adalah Bapak Dirga Sumantri selaku Chief Executive Officer Braga Technologies  Indonesia. 

 

Dari rangkaian kegiatan ini setiap pembicara mempresentasikan contoh penerapan GeoAI pada masalah di sekitar atau yang sedang dikembangkan. Dengan pemaparan dari masing-masing peneliti diharapkan peserta dapat memiliki ide dan gagasan untuk implementasi GeoAI sesuai dengan ilmu yang telah didapatkan selama short course dan seminar ini.