Kunjungan Tim ProIns Digital Twin dari BINUS Kemanggisan beserta Leica Geosystem Indonesia ke Kampus BINUS Alam Sutera

Pada akhir bulan Juni 2024, Tim ProIns Digital Twin dari BINUS Kemanggisan beserta dengan beberapa perwakilan dari SOCS BINUS Kemanggisan melakukan kunjungan ke kampus BINUS Alam Sutera. Kunjungan ini dilakukan sebanyak 2 (dua) kali pada, yaitu pada hari Rabu tanggal 26 Juni 2024 dan hari Kamis tanggal 27 Juni 2024. Tujuan dari kunjungan ini sendiri adalah untuk melakukan scanning ruangan-ruangan yang ada di Kampus BINUS Alam Sutera, dengan menggunakan bantuan alat 3D scanner bernama LEICA BLK360 dan LEICA BLK2GO yang dikembangkan oleh PT Leica Geosystems Indonesia. Kegiatan ini juga dibantu oleh beberapa perwakilan dari PT Leica Geosystems Indonesia langsung.

LEICA BLK360 dan LEICA BLK2GO.

Sebelum hari pelaksaan, perwakilan dari SOCS BINUS Kemanggisan telah meminta izin kepada pengurus gedung kampus BINUS Alam Sutera sehingga kegiatan dapat dilaksanakan tanpa mengganggu aktivitas kampus. Tim ProIns Digital Twin beserta dengan SOCS BINUS Kemanggisan juga telah melakukan survey tempat terlebih dahulu agar pelaksaan kegiatan di hari-h mendatang dapat berjalan dengan lebih kondusif dan terstruktur.

Kegiatan di hari pertama dibuka dengan pertemuan hangat antara Tim ProIns Digital Twin dan SOCS Binus Kemanggisan, dengan perwakilan dari PT Leica Geosystems Indonesia di Auditorium Binus Alam Sutera yang sekaligus akan menjadi ruangan pertama yang akan di scan dengan menggunakan bantuan LEICA BLK360. Perwakilan dari PT Leica Geosystems Indonesia memperkenalkan alat yang akan dipakai tersebut beserta dengan penjelasan mengenai bagaimana cara mengoperasikannya. Tim LEICA kemudian mendemonstrasikan kecanggihan dari alat 3D scanner mereka yang dapat melakukan scanning ruangan dalam beberapa menit saja, kemudian mengubahkan menjadi point cloud yang nantinya dapat dikembangkan lebih lanjut dengan menggunakan bantuan beberapa software.

Persiapan scanning ruangan auditorium

Kegiatan di hari pertama kemudian dihabiskan dengan scanning ruangan yang dimulai dari Auditorium, Creative Classroom, MUN Conference Room, Lab Public Relation, Lab Green Screen, dan Lab Mac. Tempat terakhir yang akan di scan untuk hari pertama adalah Exterior atau lebih tepatnya bagian taman yang ada di tengah-tengah pintu masuk gedung BINUS Alam Sutera.

Di hari kedua kedatangan, para tim pertama-tama melakukan scanning ke ruangan Admisi dan Creative Classroom C0401. Kemudian para tim disambut dengan kedatangan alat 3D Scanner bernama LEICA BLK2GO, yang diperkenalkan dan di demonstrasikan langsung dengan melakukan test scanning ke sebagian daerah dari lantai 4. Tidak hanya itu, para tim diperbolehkan untuk langsung mencoba sendiri kelebihan dari LEICA BLK2GO ini, yang lebih praktis daripada seri BLK360 karena dapat dibawa jalan sambil melakukan scanning sehingga scanning menjadi lebih cepat dan area yang dapat dijangkau lebih luas.

Exterior (taman) kampus BINUS Alam Sutera & Tim ProIns Digital Twin dapat mencoba sendiri alat LEICA BLK2GO.

Seusai demonstrasi LEICA BLK2GO, para tim kemudian menyelesaikan proses scanning terakhir ke ruangan BINUS TV. Seluruh hasil scan yang sudah dilakukan selama 2 hari ini nantinya akan di proses oleh tim dari Leica Geosystem Indonesia menggunakan software, karena point cloud yang didapatkan setelah scanning masih belum rapi sehingga harus diperbaiki secara manual.

Dari proses scanning ruangan-ruangan di gedung kampus BINUS Alam Sutera ini, diharapkan Tim ProIns Digital Twin dapat membuat model 3D ruangan yang lebih akurat dan dapat membuat aplikasi Digital Twin yang dapat mendukung projek inisiatif ini. Projek inisiatif ini nantinya diharap agar bisa menjadi jalan bagi orang-orang untuk lebih mengenal kampus BINUS Alam Sutera dan dapat menjadi sebuah awal untuk inovasi-inovasi yang lebih hebat lagi kedepannya.