Narasumber FGD Pemanfaatan Artificial Intelligence untuk Pemetaan Rupabumi Skala Besar di Badan Informasi Geospasial (BIG)

Pada tanggal 22 dan 23 Desember 2021, Lab. Geo-AI mendapatkan undangan dari BIG untuk memberikan pemaparan Pemanfaatan Artificial Intelligence untuk Pemetaan Rupabumi Skala Besar di di Badan Informasi Geospasial (BIG). FGD dilakukan dengan tujuan untuk mendiskusikan mengenai penerapan metode Artificial Intelligence (AI) khususnya machine learning dan deep learning ML/DL dalam proses otomatisasi ekstraksi fitur peta rupa bumi skala besar.  Bapak Dr Alexander A S Gunawan, Bpk Dr. Edy Irwansyah mewakili Lab Geo-AI untuk membawakan materi masing masing yang berjudul Ekstraksi Bangunan dan Jalan dengan Deep Learning  Menggunakan Data Citra Satelit dan Foto Udara, Penilaian Tingkat Kerusakan Bangunan Akibat Bencana Alam dengan Deep Learning Menggunakan Data Penginderaan Jauh dan Deep Learning for Computer Vision with Case study in Geo-AI. Selain itu pada kesempatan yang sama Bapak Fabian S. Pramudya, Ph.D yang merupakan peneliti di Geo-AI Research and Innovation Lab juga diminta sebagai moderator selama 3 hari kegiatan FGD berlangsung.

Selain peneliti dari Geo-AI Research and Innovation Lab, narasumber lain pada kegiatan FGD ini juga merupakan peneliti dari Binus University yang dalam hal ini mewakili AI research center yaitu Bapak Wawan Cenggoro, MTI. Materi yang disampaikan oleh Bapak Dr. Edy Irwansyah pada hari ke dua pelaksanaan FGD adalah merupakan hasil Penelitian yang telah dilakukan dan telah dipublikasikan pada jurnal internasional terindeks scopus yang pada intinya adalah bagaimana pengembangan arsitektur deep learning untuk mengekstrasi fitur bangunan dan jalan menggunakan data foto udara yang berlokasi di Amerika Serikat. Pada materi hari ke tiga lebih pada pemanfaatan deep learning untuk ekstrasi fitur bangunan di Indonesia khususnya di kota Palu dengan menggunakan data citra satelit sebelum dan sesudah kejadian gempa bumi dan tsunami 28 Semptember 2018. Adapun materi yang disampaikan oleh Bapak Dr. Alexander A S Gunawan adalah bagaimana Deep Learning khususnya pada aspek Computer Vision pada berbagai aplikasi yang berhubungan dengan Geo-AI.