Narasumber SuperMap GISTC Asia Jakarta 2023

Dengan berkembangnya teknologi spasial dan antusiasme masyarakat untuk pemanfaatan teknologi tersebut, Supermap mempersembahkan event GISTC 2023 pada 8 September 2023. Acara ini merupakan bentuk eksplorasi teknologi spasial di kawasan Asia dengan membawa konsep konferensi dan exhibition di tiga negara utama yaitu Filipina, Indonesia, dan Thailand. GISTC Asia 2023 bertekad untuk membuka wawasan baru tentang kemajuan terkini dalam analisis spasial, pemetaan, dan integrasi data geografis. GISTC Asia 2023 menjadi kelanjutan acara dari gelaran sukses sebelumnya yaitu GISTC 2023 yang diadakan di Beijing, China yang telah dilaksanakan pada tanggal 27 hingga 30 Juni 2023. Acara tersebut telah membuka pintu bagi pertukaran gagasan dan inovasi di dalam dunia teknologi spasial, dan GISTC Asia 2023 hadir untuk meneruskan semangat kolaborasi yang telah tumbuh. Dengan tekad yang sama, acara ini akan menjadi sarana bagi para ahli, praktisi, dan para pemangku kepentingan untuk terlibat dalam diskusi mendalam mengenai perkembangan terkini dalam teknologi spasial di Indonesia. Acara ini memiliki tema “Navigating Tomorrow: Spatial Intelligence and Sustainable Economic Development in Indonesia”. Tema ini memberikan panduan penting dalam menghadapi tantangan dan peluang yang dihadapi Indonesia dalam upaya mencapai pembangunan ekonomi yang berkelanjutan serta mengoptimalisasi peran spasial secara umum. Kecerdasan spasial memiliki peran sentral dalam membimbing perencanaan masa depan yang terencana dan berkelanjutan. Melalui acara ini, kami berharap dapat mendorong pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana kecerdasan spasial dapat menjadi katalisator bagi pembangunan ekonomi di Indonesia.

Ketua peneliti dari Geo-AI Research and Innovation Lab dalam hal ini diwakili oleh Dr. Ir Edy Irwansyah, ST., M.Si., IPM., ASEAN Eng diundang untuk menyampaikan presentasi dengan title “Geospatial Artificial Intelligence (Geo-AI): A Catalyst for Indonesia’s Sustainable Economic Growth”. Tujuan kegiatan GISTC Asia – Indonesia 2023 adalah sebagai berikut: a) Mendorong pertukaran informasi teknologi spasial; b) Mendorong pertemuan pelaku industri spasial secara berkala; dan c) Mendorong kerjasama dan sekaligus menjadi media publikasi untuk kepentingan kelanjutan ekonomi di Indonesia. Jumlah peserta kegiatan ini sekitar 300 peserta. Peserta GISTC Asia-Indonesia adalah: a) Akademisi dan Peneliti b) Pemerintahan c) Sektor Swasta d) Asosiasi dan Komunitas yang mendalami bidang GIS e) Umum, baik mahasiswa maupun non-mahasiswa

Pelaksanaan event terdiri dari sambutan oleh Dr. Song Guanfu selaku Chairman  and President of SuperMap dan dilanjutkan dengan pembicara antara lain oleh Dr. Ir. Agung Indrajit, ST., M.Sc selaku Kepala Pusat Data dan Informasi Perencanaan Pembangunan BAPENAS, Nikma Fista Safrina (Suoermap Indonesia) dan Fathur Dion S yang dilanjutkan dengan Presentasi dari Industri yang merupakan Sponsor dari pelaksanaan event. Pada Plenary & Panel Afternoon Session  diisi oleh empat pembicara yaitu Dr. Ir. Edy Irwansyah, M.Si., IPM., ASEAN Eng dari Geo-AI Research and Innovation Lab Bina Nusantara University, DR. TARAWUT BOONLUA dari Faculty of Architecture, Urban Design, and Find Arts Mahasarakham University, Thailand, Mr. Doyo Ngestitomo dari Bank Rakyat Indonesia dan Mr. Halim Wiranata dari BUMN PT. Hutama Karya.