Penjajakan Kerjasama dengan Pusat Unggulan Iptek (PUI) Geomagnetic Universitas Mataram (UNRAM)

Tim Peneliti dari Geo-AI Research and Innovation Lab yang terdiri dari Dr. Ir. Alexander Agung Santoso Gunawan, M.Si., M.Sc., IPM., Fabian Surya Pramudya, Ph.D dan Syarifah Diana Permai, M.Si, melakukan kunjungan ke Pusat Unggulan Iptek (PUI) Geomagnetik Universitas Mataram pada tanggal 6 November 2023. Kunjungan dimaksudkan untuk menjajaki kerjasama antara Bina Nusantara University khususnya Geo-AI Lab dan PUI Geomagnetik UNRAM. PUI Geomagnetik ini berada di Fakultas Teknik, Universitas Mataram yang beralamat di Jalan Majapahit, No. 62, Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Pusat Unggulan Iptek (PUI) Geomagnetik Universitas Mataram (https://www.aemt-geomagnetic.org/) yang dikepalai oleh ibu Dr.rer.nat Teti Zubaidah, ST., MT merupakan salah satu pusat Penelitian dan pengembangan studi kemagnetan bumi. Deteksi geomagnetik merupakan alat penting dalam banyak bidang, mulai dari eksplorasi sumber daya alam hingga studi ilmiah tentang Bumi dan lingkungannya. Lombok merupakan lokasi yang berpotensi terjadi gempa karena merupakan Kawasan seismic aktif. Sehingga studi tentang mitigasi gempa bumi menjadi salah satu hal yang penting untuk dianalisis. Selain itu, PUI Geomagnetik juga melakukan eksplorasi dan studi panas bumi sebagai potensi energi dan sumber daya alam.

Namun studi dan Penelitian yang dilakukan selama ini belum menggunakan metode Artificial Intelligence didalamnya. Sehingga pada penjajakan Kerjasama kali ini dimaksudkan untuk dilakukannya kolaborasi Penelitian antara PUI Geomagnetik UNRAM dengan Geo-AI Lab BINUS. Untuk menindaklanjuti penjajakan kerjsama ini disepakati untuk dimulai dengan menyiapkan Memorandum of Understanding (MoU) oleh masing masing pihak terutama untuk kegiatan penelitian bersama (joint research) dalam bidang Geomagnetik dan Artificial Intelligence serta pertukaran dosen untuk pengajaran.