Penjajakan Kerjasama : Geo-AI Lab BINUS dengan FTIK ITERA

Pada tanggal 2 November 2023, Tim Peneliti dari Geo-AI Research and Innovation Lab yang terdiri dari Dr. Ir. Edy Irwansyah ST., M.Si., IPM., ASEAN Eng, Fabian Surya Pramudya, Ph.D dan Syarifah Diana Permai, M.Si, melakukan kunjungan ke Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan (FTIK) Institut Teknologi Sumatera (ITERA). Kunjungan dimaksudkan untuk menjajaki kerjasama antara Bina Nusantara University khususnya Geo-AI Lab dan FTIK ITERA. Pada kesempatan kunjungan ke Kampus ITERA yang beralamat di Jl. Ryacudu, Sabah Balau, Kec. Tj. Bintang, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung 35365, Tim Geo-AI Lab Binus University diterima oleh Dekan FTIK Bapak Arif Rohman, S.T., M.T. Ph.D (Cand) bersama para pimpinan Fakultas dan program studi yang ada dalam lingkungan FTIK.

FTIK ITERA (https://jtik.itera.ac.id/) yang sebelumnya berstatus sebagai Jurusan Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan (JTIK) merupakan sebuah entitas pendidikan tinggi yang berfokus pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang infrastruktur dan pengembangan wilayah. FTIK memiliki visi untuk menjadi pusat unggulan dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni di bidang tersebut, dengan komitmen terhadap nilai-nilai kearifan lokal. Melalui program-program pendidikan berkualitas, penelitian inovatif, dan pengabdian kepada masyarakat, FTIK ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam perencanaan, perancangan, pembangunan, pengelolaan, dan pemeliharaan infrastruktur serta pengembangan wilayah yang berkelanjutan. Saat ini FTIK terdiri dari 11 program studi yaitu Teknik Sipil, Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Geomatika, Arsitektur, Teknik lingkungan, Teknik Kelautan, Desain Komunikasi Visual, Arsitektur Lanskap, Teknik Perkeretaapian, Rekayasa Tata Kelola Air Terpadu dan yang terbaru adalah Prodi Pariwisata.

Pada kesempatan pertemuan tersebut dibahas bersama hal hal yang dapat dikerjasamakan terkait kegiatan tri darma perguruan tinggi yang meliputi pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat serta dimungkinkan juga untuk kerjasama pada pengembangan diri dosen. Disepakati untuk dimulai dengan menyiapkan Memorandum of Understanding (MoU) oleh masing masing pihak terutama untuk kegiatan penelitian bersama (joint research) dalam bidang geospatial information/Geo-AI serta pertukaran dosen untuk pengajaran dalam kerangka “Kampus Merdeka”. Kunjungan dalam rangka penjajakan kerjasama ini dilakukan bersamaan dengan kegiatan focus group discussion (FGD) dengan PTPN 7 pada tanggal 3-4 November 2023 sebagai rangkaian dari pelaksanaan kegiatan penelitian Matching Fund dengan mitra PTPN 4 yang didanai oleh Mitra dan Kemendikbud Dikti tahun 2023.