Research Mini Project

Kegiatan penelitian terus dijalankan oleh Geo-AI Research and Innovation Lab, SoCS, Bina Nusantara University. Berkolaborasi dengan Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan (DCKTRP) DKI Jakarta, Geo-AI Research and Innovation Lab dalam rangkaian pelaksanaan hibah Matching Fund Kedaireka tahun 2022 menyelenggarakan kegiatan Research Mini Project. Kegiatan berlangsung secara daring selama dua hari berturut turut pada Senin dan Selasa 5-6 Desember 2022, dimoderatori oleh Bapak Fabian Surya Pramudya, Ph.D pada hari pertama dan Bapak Dr. Ir. Edy Irwansyah, ST., M.Si., IPM., ASEAN Eng pada pelaksanaan hari kedua. Selain oleh internal peneliti dari Binus University, Kegiatan ini juga mengundang Bapak Rui Giusti, dan Bapak Tri Widodo sebagai GIS Developer dari DCKTRP DKI Jakarta selaku coach dan reviewer hasil project mahasiswa, serta jajaran peneliti, asisten peneliti, dan mahasiswa yang tergabung dalam Geo-AI Research and Innovation Lab. Kegiatan Research Mini Project dilaksanakan sebagai sarana para mahasiswa untuk dapat mempresentasikan kemajuan penelitian geospasial yang sedang dilakukan berdasarkan masalah yang dihadapi di dunia nyata serta untuk mendapatkan feedback langsung dari DCKTRP DKI Jakarta.

Kegiatan Research Mini Project dibuka dengan sambutan yang disampaikan oleh Bapak Dr. Ir. Edy Irwansyah, ST., M.Si., IPM., ASEAN Eng, kemudian dilanjutkan dengan pembagian kelompok yang akan presentasi baik pada hari pertama maupun hari kedua oleh Bapak Muhamad Keenan Ario, S.Kom, M.Kom.

Presentasi dilakukan selama 2 hari oleh 21 kelompok mahasiswa yang melakukan penelitian Geospasial Artificial Intelligence (Geo-AI). Setiap kelompok mendapatkan kesempatannya untuk dapat mempresentasikan penelitian yang sedang dilakukan, kemudian dilanjutkan dengan sesi komentar, dan tanya jawab yang dilakukan oleh Bapak Dr. Ir. Alexander A.S. Gunawan dari Tim Peneliti dan Bapak Rui Giusti dan Bapak Tri Widodo dari DCKTRP DKI Jakarta.  Masing-masing kelompok mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk bertanya langsung dan mendapatkan tambahan wawasan terkait dengan penelitiannya langsung dari tim coach dan reviewer.

Topik penelitian yang dijalankan oleh kelompok mahasiswa sangat beragam dan dekat dengan masalah yang ingin dipecahkan oleh DCKTRP DKI Jakarta. Topik yang diteliti terdiri dari, Flood Modelling, Flood clustering, Tree Counting, Urban Planning based on 3D Model, hingga Building Damage Assessment. Antusias dari mahasiswa, peneliti, serta asisten peneliti yang terlibat sangat tinggi, komentar serta saran yang diberikan oleh Bapak Rui Giusti dan Bapak Tri Widodo dari DCKTRP DKI Jakarta membentuk penelitian yang dilakukan menjadi lebih terarah dalam memecahkan permasalahan yang ada di dunia nyata, khususnya DKI Jakarta.

Hingga seluruh kelompok selesai melakukan presentasi, dapat dilihat bahwa progress penelitian mahasiswa masih sangat beragam dari yang baru dapat menyelesaikan proses pengumpulan data, kelompok yang telah selesai mengembangkan aplikasi maupun beberapa kelompok yang telah menyelesaikan tahapan penelitian hingga tahap penyusunan draft paper untuk dipublikasikan pada international conference sebagaimana menjadi tujuan akhir dari program ini selain pengembangan rekacipta hingga memperoleh HKI.