People Innovation Excellence

Metric Driven Analytics – Mengenal Pemain melalui Data 

Source: Pexels 

Bagaimana pembuat game menyesuaikan karakter dalam game agar seimbang dan tidak terkesan terlalu kuat atau overpowered? Salah satu cara yang sering digunakan game dengan basis pemain yang sudah cukup banyak adalah metric driven analytics, yaitu melakukan penyesuaian dalam mekanik game berdasarkan data yang dikumpulkan dari pemain. 

Sebagai contoh, karakter yang populer baik karena desain atau mekanik akan lebih menguntungkan secara finansial jika dibuatkan lebih banyak kosmetik berbayar. Karakter yang terlalu sering muncul dalam tiap pertandingan mungkin akan diperlemah dan sebaliknya, karakter yang jarang muncul mungkin diperkuat agar setiap ronde terasa adil dan tidak membosankan karena karakter yang muncul selalu sama. 

Untuk menerapkan metode ini perlu beberapa langkah. Pertama desainer harus memilih parameter apa saja yang perlu diperhatikan berdasarkan tipe game, lalu programmer membuat sistem dimana data setiap player dicatat secara rapi dan dapat dilihat kembali oleh para desainer untuk dievaluasi, dan pada akhirnya perubahan atau penambahan fitur akan dilakukan berdasarkan penilaian desainer. 

Salah satu game yang cukup transparan dengan cara developer melihat data adalah Rainbow Six Siege, keputusan dijelaskan secara jelas dilengkapi dengan data seperti win delta dan pick rate untuk memperkuat alasan kenapa berbagai perubahan dilakukan pada seorang karakter, senjata, atau peralatan mereka. 

Untuk versi lengkap dari artikel ini dapat diakses melalui tautan berikut. 

 

Penulis: 

Eric Savero Hermawan, S.Kom., B.Sc., M.Kom. – Dosen Computer Science 

Arshad Zulfa Rafi – Mahasiswa Game Application & Technology 

Galih Dea Pratama, S.Kom., M.Kom. – Dosen Game Application & Technology 

Last updated :

SHARE THIS