People Innovation Excellence
 

PERANCANGAN PROGRAM APLIKASI KLASIFIKASI DAN VISUALISASI TEKS MENGGUNAKAN ALGORITMA LINGO

Oleh :  Sintiche M.S.,  Wikaria Gazali, Haryono Soeparno

 

Masalah yang dihadapi dalam melakukan proses pencarian dokumen pada search engine adalah kurangnya keterkaitan antara dokumen–dokumen hasil pencarian. Hasil yang ditampilkan oleh search engine harus dapat mengidentifikasi kelompok dari dokumen yang ingin dicari secara spesifik. Masalah seperti ini belum cukup terpecahkan dalam pencarian sebelumnya, di mana hasil yang didapatkan terlalu panjang, ambigu dan munculnya dokumen-dokumen yang tidak berkaitan. Oleh karena itu penulis merasa perlu untuk mengusulkan alternatif metode lain, yang dapat meminimalisasi usaha user dalam mencari dokumen yang diinginkan.

Adapun metode yang digunakan untuk meminimalisasi usaha user dalam mencari dokumen yang diinginkan yaitu dengan menggunakan algoritma Lingo. Algoritma Lingo memiliki kelebihan berupa pengembalian hasil pencarian dokumen dalam bentuk pengelompokan dan urutan relevansi yang jelas.

Dengan menggunakan search engine yang ada saat ini cukup memakan waktu dalam menemukan dokumen yang tepat sesuai dengan keinginan user, karena hasil pencarian berupa daftar panjang dari dokumen tanpa pengelompokan dan tingkat relevansi yang jelas. Sedangkan dari alternatif sistem yang diusulkan penulis berhasil meminimalisasi usaha user dalam mencari dokumen yang diinginkan dengan melakukan pengembalian hasil pencarian berupa daftar dokumen dalam bentuk pengelompokan dan urutan relevansi yang jelas. Oleh karena itu perlu adanya pengkajian kembali terhadap sistem dengan cara cara merubah pola pikir para pengelola search engine yang ada mengenai kemudahan pencarian dokumen bagi user dengan teknologi baru.


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close