Oleh :  Willy, Andaru Wiratama, Joseph Christanto, Adriani Halim

Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk merancang sebuah game edukasi PC yang ditujukan untuk membantu pembelajaran materi-materi pelajaran yang akan diujikan pada saat Ujian Nasional tingkat SMP, antara lain : Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan pada penulisan skripsi ini adalah metode analisis, metode perancangan, metode implementasi, dan metode evaluasi. Metode analisis terdiri dari survei yang berupa kuesioner kepada target pemain dan melakukan analisis terhadap game-game sejenis untuk menjadi bahan referensi. Metode perancangan meliputi perancangan interface menggunakan storyboard dan perancangan sistem dengan UML. Metode implementasi dan evaluasi dilakukan dengan cara menyebarkan game yang telah dibuat kepada target pemain dan memberikan survei berupa kuesioner yang berisi tentang tanggapan, saran, dan kritik. Hasil yang dicapai adalah sebuah aplikasi game bernama Dream School di mesin PC yang ber-genre campuran dengan mengambil beberapa unsur dari genre real-life simulation, action, dan adventure. Kesimpulan yang didapatkan adalah aplikasi game Dream School menyediakan sebuah game yang menarik untuk dimainkan dengan menerapkan delapan aturan emas, serta dapat memberikan pengetahuan tentang mata pelajaran yang diujikan pada Ujian Nasional SMP sekaligus melatih ketangkasan tangan pemainnya dengan memainkan salah satu fitur dari game Dream School ini.