People Innovation Excellence
 
Feature Image

ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM LOAD BALANCING DUA ISP MENGGUNAKAN MIKROTIK PADA PT. INFOGLOBAL AUTOPTIMA

Oleh :  Boy Hazra Rinaldi, Danang Hira Kusuma, Dahlan Martadiredja

Tujuan penelitian dari skripsi ini adalah mengoptimalkan jaringan yang memiliki dua ISP dengan teknik Load Balancing dan Manajemen Bandwidth menggunakan Hotspot pada Mikrotik. Metode penelitian yang digunakan adalah mengumpulkan data dengan survey dan penelitian langsung di lapangan, menganalisa sistem yang sedang berjalan, wawancara, studi pustaka, dan perancangan sistem jaringan berdasarkan kebutuhan perusahaan yang diperoleh dari hasil wawancara dan hasil analisa sistem. Hasil yang dicapai dengan adanya dua ISP yang dioptimalkan dengan load balancing dapat membuat kontinuitas penggunaan internet lebih dapat diandalkan juga dengan adanya hotspot bandwidth management maka setiap level jabatan dapat terkontrol dalam hal penggunaan akses internet. Simpulan yang didapat adalah dengan menggunakan load balancing maka akan menyelesaikan masalah dalam penggunaan dua ISP sehingga tidak ada ISP yang idle. Dengan metode PCC, secara otomatis dapat membagi trafik dari kedua ISP. Dengan simple queue menggunakan hotspot maka pembagian bandwidth dapat dilakukan dengan lebih mudah. Karyawan dapat lebih fokus bekerja karena beberapa website hiburan diblokir pada jam kerja.


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close