People Innovation Excellence
 
Feature Image

PERANCANGAN APLIKASI E-TOUR GUIDE DENGAN IMAGE RECOGNITION PADA SMARTPHONE BERBASIS ANDROID

Oleh :  William Surya Permana, Antoni Wiguna, Ferlan Gisma Putra, Derwin Suhartono

Smartphone telah menjadi sesuatu yang tidak dapat dilepaskan dan menjadi instrumen penting dalam kehidupan masyarakat modern seperti untuk hiburan dan mencari informasi. Melihat kondisi tersebut, dikembangkan sebuah aplikasi dengan tujuan untuk meningkatkan fungsionalitas smartphone. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan aplikasi bernama E-Tour Guide yang menjadikan smartphone Android sebagai alat bantu untuk merencanakan dan mengatur kegiatan wisata dan dilengkapi fitur object recognition untuk mengenali objek bersejarah. Metode analisis terdiri dari studi literatur, analisis aplikasi sejenis dan kuesioner. Metode perancangan menggunakan Extreme Programming (XP) yang terdiri dari tahap planning, designing, coding, dan testing. Hasil yang dicapai adalah sebuah aplikasi yang berjalan pada smartphoneAndroid. Simpulan yang diperoleh adalah aplikasi E-Tour Guide mampu memudahkan pengguna mengatur kegiatan wisatanya dan mampu mengenali objek bersejarah yang diperoleh melalui proses Haar Training.


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close