People Innovation Excellence
 
Feature Image

PERANCANGAN PROGRAM APLIKASI OPTIMALISASI BIAYA PERSEDIAAN BAHAN BAKU DENGAN MARKOV CHAIN PADA PT MITRA MEDIA PROMOSINDO

Oleh :  Christina Theresia, Haryono Soeparno, Wikaria Gazali

PT Mitra Media Promosindo merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur yang memproduksi makanan ternak. Proses produksi merupakan bagian penting untuk jalannya proses bisnis ini. Hal yang penting dalam proses produksi adalah ketersediaan bahan baku. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengoptimalkan ketersediaan bahan baku sehingga biaya penyimpanan yang dikeluarkan juga optimal. Metodologi yang digunakan untuk mencari biaya optimum adalah metode markov chain. Dimulai dari memperkirakan bahan baku yang dibutuhkan untuk proses produksi sehingga bisa didapatkan biaya yang optimal. Dalam skripsi ini juga dibuat program untuk mencari biaya optimal yang akan dikeluarkan oleh perusahaan terkait dengan persediaan dan kebutuhan bahan baku dimulai dari input persediaan yang ada di gudang dan perkiraan bahan baku yang dibutuhkan untuk proses produksi selanjutnya. Selanjutnya akan diproses dan menghasilkan output berupa besarnya biaya yang akan dikeluarkan oleh perusahaan untuk pembelian dan penyimpanan bahan baku. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk user interface adalah bahasa pemrograman PHP.


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close