People Innovation Excellence
 
Feature Image

PERANCANGAN PROGRAM APLIKASI PENGOLAHAN CITRA DIGITAL MENGGUNAKAN CONVOLUTION METHOD

Oleh :  JENNY OHLIATI, Haryono Soeparno, Wikaria Gazali

Masalah yang dihadapi studio fotografi saat ini ialah masih menggunakan fungsi – fungsi yang sudah terinstall pada komputer, di mana proses untuk melakukan pengolahan citra masih dilakukan secara manual. Pengolahan citra yang dilakukan secara manual akan memakan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu diperlukan program yang lebih mudah, user friendly dalam penggunaannya dan menghasilkan gambar yang lebih berkualitas.

Metode yang digunakan dalam program aplikasi ini adalah convolution method. Beberapa variasi pengolahan citra yang menggunakan convolution method yaitu: smooth, Gaussian blur, sharpen, mean removal, emboss, dan edge detection. Hasil uji coba dan evaluasi dari program tersebut, yaitu pengolahan citra menggunakan convolution method berdasarkan data – data yang ada mampu menghasilkan kualitas citra yang lebih baik.


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close