PERANCANGAN PROGRAM SIMULASI KUBUS RUBIK MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIK
Oleh : Irti Sharow, Ngarap Imanuel Manik, Wikaria Gazali
Kubus rubik adalah sebuah permainan teka-teki mekanik 3D yang merupakan salah satu sarana hiburan untuk mengasah otak dan strategi.Kubus rubik ini terdiri atas 26 bagian kecil yang berputar pada satu poros dan setiap sisi dari kubus rubik memiliki sembilan permukaan yang terdiri dari enam warna yang berbeda. Menyelesaikan kubus rubik bukanlah suatu permasalahan yang mudah bagi orang awam karena sebagian orang menyerah ketika tidak menemukan penyelesaian kubus rubik. Salah satu cara untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan merancang program simulasi kubus rubik yang dapat digunakan untuk bermain sekaligus berguna untuk menghasilkan langkah-langkah penyelesaian kubus rubik. Program ini akan dirancang sedemikian rupa agar mudah untuk digunakan. Penggunakan algoritma genetik pada program simulasi ini berdasarkan pada kehandalannya dalam pencarian solusi optimal dengan menerapkan mekanisme evolusi genetika makhluk hidup.