ANALISIS DAN PERANCANGAN TEKNOLOGI WEBSOCKET MENGGUNAKAN GAME MULTIPLAYER MATH ONLINE
ANALISIS DAN PERANCANGAN TEKNOLOGI WEBSOCKET MENGGUNAKAN GAME MULTIPLAYER MATH ONLINE
Oleh : Danis Jeril Scout Mondoringin, Philippe Hidayat’ Rio Richie dan Alfonsus Bram Radityo Nugroho
Tujuan penelitian adalah menganalisa dan merancang sebuah game multiplayer berbasis web secara real-time menggunakan websocket untuk mengukur dan membandingkan performa websocket dengan teknologi sejenis yang telah ada sebelumnya. Metode penelitian yang digunakan meliputi metode analisis dan metode perancangan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi studi pustaka dengan mengumpulkan dan mempelajari jurnal-jurnal ilmiah dengan teknologi sejenis. Metode perancangan meliputi perancangan sistem, perancangan UML, dan perancangan tampilan. Hasil yang dicapai adalah terciptanya game multiplayer dengan nama multiplayer math online, dimana untuk selanjutnya digunakan sebagai dasar untuk mengukur dan membandingkan teknologi websocket dengan teknologi polling. Kesimpulan yang dapat ditarik pada penelitian ini adalah websocket mendukung komunikasi real-time dengan penggunaan bandwidth yang lebih efisien dan performa yang lebih baik dibanding teknologi polling.
Kata kunci : real-time, websocket, game multiplayer, polling, bandwidth, performance