People Innovation Excellence
 

ANALISIS DAN PERANCANGAN TEKNOLOGI WEBSOCKET MENGGUNAKAN GAME MULTIPLAYER MATH ONLINE

ANALISIS DAN PERANCANGAN TEKNOLOGI WEBSOCKET MENGGUNAKAN GAME MULTIPLAYER MATH ONLINE

Oleh : Danis Jeril Scout Mondoringin, Philippe Hidayat’ Rio Richie dan Alfonsus Bram Radityo  Nugroho

Tujuan penelitian adalah menganalisa dan merancang sebuah game multiplayer berbasis web secara real-time menggunakan websocket untuk mengukur dan membandingkan performa websocket dengan teknologi sejenis yang telah ada sebelumnya. Metode penelitian yang digunakan meliputi metode analisis dan metode perancangan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi studi pustaka dengan mengumpulkan dan mempelajari jurnal-jurnal ilmiah dengan teknologi sejenis. Metode perancangan meliputi perancangan sistem, perancangan UML, dan perancangan tampilan. Hasil yang dicapai adalah terciptanya game multiplayer dengan nama multiplayer math online, dimana untuk selanjutnya digunakan sebagai dasar untuk mengukur dan membandingkan teknologi websocket dengan teknologi polling. Kesimpulan yang dapat ditarik pada penelitian ini adalah websocket mendukung komunikasi real-time dengan penggunaan bandwidth yang lebih efisien dan performa yang lebih baik dibanding teknologi polling.

Kata kunci : real-time, websocket, game multiplayer, polling, bandwidth, performance


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close