PERANCANGAN APLIKASI MEDIA SOSIAL BERTEMA KULINER DENGAN IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN METAIO PADA ANDROID

Oleh :  Kenji, Denanir Fadila, Adnan Qurais Kusumah Wisesa, dan Antonius Herusutopo

Pada artikel ilmiah ini akan dibahas mengenai pengembangan dari aplikasi media sosial yang bertema kuliner. Tujuan dari pengembangan aplikasi ini adalah untuk membantu pengguna untuk mencari restoran atau tempat makan di sekitar lokasi pengguna dan menyediakan penilaian 3R (rating, review, dan recommendation) terhadap restoran tersebut. Fitur Augmented Reality dan maps akan diimplementasikan untuk membantu dalam hal pencarian restoran. Aplikasi ini akan dikembangkan pada smartphone dengan platform Android menggunakan metode Extreme Programming. Hasil dari aplikasi ini, berdasarkan pengujian terhadap pengguna, yaitu aplikasi ini membantu pengguna untuk mencari restoran yang ada di lokasi sekitar dan melakukan interaksi dengan pengguna lain, memberikan antarmuka yang menarik, dan fitur Augmented Reality yang menarik.

Kata kunci: Mobile Application, Media Sosial, Kuliner, Augmented Reality, Android