PENGEMBANGAN APLIKASI SUPPORT ONLINE SYSTEM BERBASIS WEB PADA PT AGRA BAREKSA INDONESIA

Oleh :  Benny Rusli; Muhammad Fajar A.S.; Novan Octavianus; dan Rini Wongso

Tujuan penelitian ini ialah merancang sistem ticketing problem yang dapat memfasilitasi user untuk melaporkan permasalahan yang berkaitan dengan software dan hardware. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis yang terdiri dari studi pustaka dan joint requirement planning (teknik penemuan fakta dimana pertemuan kelompok diadakan untuk menetapkan kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan), sedangkan untuk metode pengembangan aplikasi yang digunakan adalah Waterfall menurut Sommerville, yang terdiri dari requirement definition yang bertujuan untuk mendapatkan kebutuhan-kebutuhan user, system and software design yang bertujuan untuk merancang aplikasi yang akan dikembangkan, dengan menggunakan Unified Modelling Language (UML) berupa use case diagram, class diagram, sequence diagram, dan activity diagram, serta perancangan layar. Tahapan selanjutnya yaitu implementation and unit testing yang merupakan tahapan coding serta testing untuk setiap unit program, selanjutnya yaitu integration and system testing yang merupakan tahapan penggabungan dan uji coba dari suatu sistem secara menyeluruh. Operation and maintenance merupakan tahapan terakhir dimana sistem telah siap digunakan oleh user. Hasil yang dicapai dari penelitian ini adalah aplikasi Support Online System (SOS) yang digunakan untuk melaporkan permasalahan yang berkaitan dengan software dan hardware ke divisi Business Technology. Simpulan dari penelitian ini adalah aplikasi SOS dapat digunakan untuk pelaporan masalah yang berkaitan dengan software dan hardware ke divisi Business Technology.

Kata Kunci : support online system, web, JAVA