People Innovation Excellence
 

APLIKASI KOSAKATA ISTILAH TEKNIK INFORMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN SPEECH RECOGNITION

APLIKASI KOSAKATA ISTILAH TEKNIK INFORMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN SPEECH RECOGNITION

Oleh :  Alfonsus Andy Kristanto, Muhammad Falyanda Putra, Jonathan Kevin dan  Antonius Herusutopo

Terdapat banyak macam dari cabang artificial intelligence. Salah satu dari cabang tersebut adalah speech recognition. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan teknologi speech recognition pada aplikasi kamus dan kuis kosakata istilah teknik informatika dan pengguna dapat memahami istilah teknik informatika. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis untuk menganalisis kebutuhan user dengan menggunakan kuesioner dan mengadakan studi pustaka terhadap bahan – bahan yang mendukung penelitian ini. Dan metode perancangan yang menggunakan metode waterfall untuk melakukan perancangan program. Hasil penelitian adalah tingkat keakuratan speech recognition pada aplikasi kosakata istilah teknik informatika adalah sebesar 81.33%. Simpulan yang didapat adalah tingkat keakuratan yang cukup tinggi dan menurut hasil kuesioner evaluasi user sudah cukup puas dengan fitur – fitur dan penggunaan dari aplikasi ini.

Kata Kunci : speech recognition, kuis teknik informatika, kamus teknik informatika, artificial intelligence


 


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close