People Innovation Excellence
 
Feature Image

ANALISIS, PERANCANGAN, DAN IMPLEMENTASI SECURITY LAYER 2 UNTUK AGUNG SEDAYU GROUP PADA RUKAN GREEN MANSION

ANALISIS, PERANCANGAN, DAN IMPLEMENTASI SECURITY LAYER 2 UNTUK AGUNG SEDAYU GROUP PADA RUKAN GREEN MANSION

Oleh :  TeguhRachmatPrianto, NasimDjaidi, Mohammad RidhoAbdillah dan Rudi Tjiptadi

Tujuan dari penelitian ini adalah terciptanya jaringan komputer baru yang memiliki keamanan layer dua untuk menangkal serangan internal di layer dua. Tekniknya adalah dengan melakukan implementasi best practice security layer dua yaitu DHCP Snooping, DAI, BPDU Guard, BPDU Filter, dan Root Guard. Manfaat dari rancangan dan implementasi ini yaitu dapat meningkatkan kinerja security jaringan komputer khususnya dalam hal menangkal serangan layer dua. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah metode analisis, perancangan, dan implementasi. Metode perancangannya dilakukan setelah langkah analisis jaringan komputer yang sedang berjalan. Perancangan jaringan komputer yang baru dengan menggunakan best practice layer two security dan kemudian diimplementasikan. Terakhir, dilakukan testing dan evaluasi terhadap hasil implementasi jaringan komputer. Hasil yang dicapai yaitu implementasi jaringan komputer yang baru berhasil menerapkan sistem keamanan layer dua sehingga membuat serangan internal di layer dua terminimalisasi.

Kata kunci :Jaringan Komputer, keamanan layer dua, DHCP Snooping, DAI, BPDU Guard, BPDU Filter, Root Guard


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close