People Innovation Excellence
 
Feature Image

PERANCANGAN APLIKASI PENCATATAN TRANSAKSI PENJUALAN DAN PEMBELIAN PADA PT PUSTAKA GEMILANG MOTOR BERBASIS WEB

PERANCANGAN APLIKASI PENCATATAN TRANSAKSI PENJUALAN DAN PEMBELIAN PADA PT PUSTAKA GEMILANG MOTOR BERBASIS WEB

Oleh :  Derik Wildy, Sumardi, Dwi Cipta Brata Manunggal, dan  Harini Kuntjahjani

Tujuan penelitian ini ialah membuat aplikasi pencatatan penjualan dan pembelian berbasis web untuk transaksi barang PT Pustaka Gemilang Motor. Metode penelitian yang digunakan ada tiga, yaitu: Metode pengumpulan data menggunakan metode fact finding (wawancara, observasi, studi pustaka , dan document examination), metode analisis berdasarkan hasil dari wawancara, observasi, studi pustaka, document examination dan metode perancangan yaitu DFD, DBLC yang terdiri dari perancangan basis data konseptual, logical, fisikal, serta SDLC yang terdiri dari analisis kebutuhan, desain, implementasi, testing, operasional dan maintenance. Hasil yang dicapai adalah suatu aplikasi pencatatan transaksi penjualan dan pembelian berbasis web untuk proses antara perusahaan dengan supplier dan pelanggan, serta melihat catatan transaksi barang yang sudah dilakukan. Simpulan yang didapatkan adalah dengan adanya aplikasi pencatatan transaksi penjualan dan pembelian berbasis web ini, ketiga belah pihak antara perusahaan, supplier dan pelanggan dapat melakukan proses transaksi barang menjadi lebih efektif, efisien dan transparan, serta pekerjaan antar divisi dapat dikelola atau terorganisir dengan baik.

Kata Kunci
Basis Data, Perancangan, Pencatatan Transaksi Barang, Penjualan, Pembelian, Web.


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close