People Innovation Excellence
 
Feature Image

SOFTWARE AS A SERVICE (SAAS) BERBASIS WEB UNTUK MANAJEMEN BISNIS PADA USAHA KECIL DAN MENENGAH

SOFTWARE AS A SERVICE (SAAS) BERBASIS WEB UNTUK MANAJEMEN BISNIS PADA USAHA KECIL DAN MENENGAH

Oleh :

Reinhart Abdiel Hermanus; Ayu Zulia Shafira; Kelvin Theophilus; dan Franky Hadinata Marpaung

Perkembangan teknologi yang cepat mengakibatkan tuntutan terhadap pengelolaan bisnis semakin tinggi. Sebuah bisnis memerlukan pengelolaan bisnis yang tepat agar seluruh aktivitas dapat berlangsung secara efektif dan efisien. Untuk mengatasi masalah pengelolaan manajemen bisnis pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dikembangkan aplikasi “Magaza”. Pengembangan aplikasi “Magaza” bertujuan untuk membantu para pelaku UKM dalam mengontrol kegiatan operasional bisnisnya dan mendukung proses pengambilan keputusan yang cerdas dalam mengembangkan bisnis. Metode yang digunakan dalam pengembangan aplikasi “Magaza” ini terdiri dari metode analisis dan metode pengembangan aplikasi. Metode analisis dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner untuk mengetahui business process dari UKM dan melakukan analisis perbandingan aplikasi sejenis. Metode pengembangan aplikasi “Magaza” yang digunakan adalah Feature Driven Development (FDD) yang merupakan salah satu metode dari Agile Software Development. Hasil yang dicapai adalah aplikasi “Magaza” dengan fitur utama seperti, inventory, transaction, dan report serta fitur pendukung lainnya yang dapat membantu pengelolaan manajemen bisnis pada UKM. Simpulan yang diperoleh adalah aplikasi “Magaza” dapat membantu para pelaku UKM dalam melakukan pengelolaan manajemen bisnisnya secara realtime.

 Kata kunci:Software as a Service (SaaS), manajemen bisnis, Usaha Kecil dan Menengah (UKM), inventory, transaction, report


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close