People Innovation Excellence
 
Feature Image

PENGEMBANGAN BUSINESS INTELLIGENCE UNTUK MANAJEMEN OPERASIONAL BERBASIS WEB PADA CITITEX

PENGEMBANGAN BUSINESS INTELLIGENCE UNTUK MANAJEMEN OPERASIONAL BERBASIS WEB PADA CITITEX

Oleh : Darmanto; Derry; Adrian Hartanto; dan Franky Hadinata Marpaung

Perkembangan teknologi yang cepat mengakibatkan tuntutan perusahaan semakin tinggi. Perusahaan memerlukan pengelolaan bisnis dan pengambilan keputusan yang cepat dan tepat agar perusahaan dapat mengelola operasional dan mengetahui perkembangan bisnisnya dengan baik. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dikembangkan business intelligence untuk manajemen operasional. Pengembangan business intelligence manajemenoperasionalinibertujuan untuk mengembangkan business intelligence berbasis web dan mempersiapkan data penjualan perusahaan sebagai bahan analisis. Metode yang digunakan dalam pengembangan business intelligence manajemen operasionalini terdiri dari metode analisis dan metode pengembangan aplikasi. Metode analisis dilakukan dengan cara melakukan observasi pada perusahaan untuk mengetahui proses bisnis dan melakukan wawancara terhadap owner dan staff perusahaan. Metode pengembangan aplikasi yang digunakan adalah Extreme Programming (XP) yang merupakan salah satu metode dari Agile Software Development. Hasil yang dicapai adalah business intelligence berbasis web dengan fitur utama, seperti inventory, transaction, member, management, dan reporting untuk membantu perusahaan dalam proses pembuatan laporan. Simpulan yang diperoleh adalah business intelligence manajemen operasionaldapat membantu perusahaan dalam pengelolaan operasional dan pengambilan keputusan untuk perkembangan bisnisnya.

Kata kunci:Web application, operasional bisnis, inventory, transaction, report, business intelligence


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close