PERANCANGAN DAN ANALISIS GAME EDUKASI “THINKMATH”

Oleh : Erwin Kurniawan, Harry Kristian, dan Gintoro

Tujuan penelitian ini adalah merancang dan membangun sebuah game yang berbasis edukasi untuk platform smartphone, terutama edukasi dalam bidang studi matematika. Adapun game ini dapat digunakan sebagai sarana belajar yang baru untuk meningkatkan tingkat kepahaman murid – murid terhadap bidang studi matematika. Metode penelitian yang digunakan meliputi metode analisis (penelitian kuantitatif berupa kuesioner terhadap pengguna khususnya murid – murid kelas 1 sampai kelas 6 sekolah dasar, studi literatur meliputi jurnal dan buku) dan metode perancangan (metode scrum). Hasil yang dicapai adalah sebuah aplikasi game edukasi “Thinkmath” dengan beberapa mode game meliputi learn, quicktime, dan survival. Berdasarkan hasil survey pada bab 4 dapat disimpulkan, bahwa game ini mampu memudahkan murid – murid sekolah dasar (kelas 1 – 6) dalam memahami bidang studi matematika serta melakukan review terhadap materi yang telah dipelajari pada kelas 1 sampai kelas 6 sekolah dasar.

Kata Kunci : Edukasi, Matematika, Game