People Innovation Excellence
 
Feature Image

PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN CUSTOMER SURVEY BERBASIS WEB DI PT. SQIVA SISTEM

PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN CUSTOMER SURVEY BERBASIS WEB DI PT. SQIVA SISTEM

Oleh : Ferico Sali, Raymond Robertus, AngryRonald Adam, Mustakim

Saat ini, persaingan dibidang industri sangatlah ketat. Terkadang dalam satu bidang industri yang sama diperlukan bersaing dengan banyak sekali perusahaan. Tetapi dalam persaingan tersebut tentu perusahaan yang terbaiklah yang akan memenangkan persaingan. Oleh karena itu, setiap perusahaan berlomba – lomba untuk berkembang. Bukan hanya perusahaan kecil atau perusahaan yang baru masuk kedalam bidang tersebut saja yang perlu berkembang. Bahkan, perusahaan besar pun perlu berkembang untuk tetap dapat bersaing dengan kompetitor lainnya dan tidak kalah dikemudian hari.

Dalam mengembangkan perusahaan bukanlah hanya seperti pertumbuhan manusia yang terus berkembang seiringan dengan berjalannya waktu. Setiap perusahaan membutuhkan informasi dan menganalisa setiap informasi yang dibutuhkan agar dapat berkembang. Terkadang informasi tersebut didapatkan bukan hanya dari internal perusahaan saja melainkan juga dari eksternal. Dalam pencarian informasi tersebut setiap perusahaan memiliki caranya masing – masing.

Seperti PT. Sqiva Sistem yang telah berdiri sejak 2004. PT. Sqiva Sistem yang bergerak pada bidang teknologi tentu juga memiliki banyak kompetitor. Oleh karena itu PT. Sqiva Sistem membutuhkan informasi dan menganalisa bagaimana cara agar PT. Sqiva Sistem dapat bersaing di persaingan yang ketat. Teknologi adalah bidang yang sangat umum. Banyak sekali perusahaan yang sama – sama bergerak di bidang teknologi. PT. Sqiva Sistem mempersempit persaingan dengan berfokus pada transportasi. Meskipun begitu, tetap tidak sedikit jumlah kompetitor yang harus dihadapi PT. Sqiva Sistem

Sudah banyak sekali klien yang bekerja sama dengan PT. Sqiva Sistem. Bukan hanya organisasi maupun perusahaan dalam negeri tetapi juga mancanegara. Meskipun begitu bukan berarti PT. Sqiva Sistem berada pada titik aman dalam persaingan dengan para kompetitor dibidang yang sama. PT. Sqiva Sistem juga harus berkembang agar dapat mempertahankan apa yang sudah diraih saat ini. Oleh karena itu dalam mempertahankan klien, PT. Sqiva Sistem harus memperhatikan kualitas produk maupun jasa.

Dalam mempertahankan klien, PT. Sqiva Sistem perlu mencari tahu seberapa baik kualitas produk dan jasa yang telah dilakukan. Diperlukan juga masukkan yang didapatkan dari klien. Tetapi agar informasi yang didapatkan dari klien sesuai dengan data yang dibutuhkan oleh PT. Sqiva Sistem, perlu adanya sebuah prosedur dalam mencari informasi tersebut.

Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh PT. Sqiva Sistem dalam mencari informasi yang dibutuhkan adalah dengan melakukan survei. Dengan adanya survei maka PT. Sqiva Sistem dapat melakukan pencarian data dengan baik. Survei membantu dalam pencarian data yang dibutuhkan PT. Sqiva Sistem untuk dapat berkembang. Tetapi dalam pelaksanaannya melakukan survei secara konvensional yaitu dengan cara mendatangi klien satu – persatu dalam kurun waktu tertentu sangatlah sulit dilakukan karena klien PT. Sqiva Sistem tidak hanya di Indonesia. Melakukan survei secara konvensional justru menambah cost karena letak geografis antara PT. Sqiva Sistem dan klien menjadi faktor yang mempersulit melakukan survei secara konvensional. Selain itu, ada beberapa faktor lainnya seperti waktu dan tenaga yang dibutuhkan dalam melakukan sebuah survei secara konvensional.

Oleh karena itu dibutuhkan sebuah solusi agar survei tersebut dilakukan dengan efisien dan efektif. Kemajuan teknologi yang telah berkembang hingga saat ini dapat memberikan solusi dalam melakukan survei. Dikarenakan PT. Sqiva Sistem bergerak pada bidang teknologi sehingga klien yang telah bekerja sama pun juga memiliki teknologi sesuai dengan kebutuhannya. Dimana teknologi tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan survei.

Dengan memanfaatkan teknologi tersebut PT. Sqiva Sistem dapat mengurangi cost yang dibutuhkan dalam melakukan sebuah survei. Dengan adanya internet maka jarak bukanlah menjadi halangan lagi dalam melakukan survei. Setiap klien PT. Sqiva Sistem dapat mengakses dan berpartisipasi dalam setiap survei yang dilakukan dimanapun dan kapanpun. Selain itu, karyawan PT. Sqiva Sistem yang bertugas dalam melakukan survei pun tidak lagi sulit dalam membuat dan mengantarkan survei kepada responden survei.

Dengan dasar inilah, penulis ingin mengangkat topik “Perancangan dan Pengembangan Customer Survey berbasis web di PT. Sqiva Sistem”. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini dapat mempermudah PT. Sqiva Sistem dalam mengembangkan kualitas produk dan jasa yang ditawarkan kepada klien maupun calon klien.


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close