People Innovation Excellence
 
Feature Image

PENGEMBANGAN SISTEM NEW BUSINESS AND OPERATIONS UNTUK PRODUK JASA KEUANGAN PT. XYZ

PENGEMBANGAN SISTEM NEW BUSINESS AND OPERATIONS UNTUK PRODUK JASA KEUANGAN PT. XYZ

Oleh :  FENDY CHANDRA, FRESLY, JULIUS FIRNANDO, EVAWATY TANUAR

Dewasa ini, kemajuan teknologi telah menciptakan beragam kemudahan dalam kehidupan manusia.  Hal-hal yang sebelumnya tidak dapat dilakukan kini menjadi mungkin berkat adanya campur tangan teknologi. Teknologi terkini juga membuat proses yang sebelumnya membutuhkan alokasi waktu dan sumber daya dalam jumlah besar kini dapat dilakukan secara efektif dan efisien. Salah satu bidang kehidupan yang mengalami kemajuan pesat seiring dengan perkembangan teknologi adalah bidang keuangan, khususnya bisnis asuransi.

Di zaman yang semakin tidak menentu seperti sekarang, resiko yang mengancam keselamatan seseorang semakin beragam jenisnya. Resiko-resiko itu meliputi wabah penyakit, kecelakaan, sampai dengan bencana alam. Bagi orang yang mempunyai kemampuan finansial untuk menghadapi resiko-resiko tersebut, tidak banyak masalah yang timbul. Di lain pihak, jika seseorang tidak mempunyai cukup persiapan dalam menghadapi resiko tersebut, stabilitas kehidupan orang tersebut maupun orang lain yang berkaitan dengannya, seperti keluarga ikut terganggu. Untuk meminimalisir dampak yang ditimbulkan oleh resiko-resiko tersebut, perusahaan penyedia asuransi seperti PT. XYZ menawarkan suatu bentuk pengalihan resiko, yakni dengan pemberian uang pertanggungan bagi nasabah saat terjadi resiko-resiko tersebut. Tidak hanya itu, banyak produk asuransi yang beredar saat ini memiliki nilai tunai sehingga dapat dijadikan sebagai sebuah bentuk investasi.

Kesadaran masyarakat tentang manfaat asuransi telah mengarah pada peningkatan jumlah polis asuransi yang beredar di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Fenomena ini memberikan tantangan tersendiri bagi PT. XYZ untuk dapat memproses seluruh polis yang terdaftar secara real-time.

Untuk menjawab tantangan di atas, PT. XYZ membutuhkan dukungan sistem yang handal dan efisien. Dalam mencapai kedua kualitas ini, PT. XYZ menggunakan sistem Life/Asia sebagai aplikasi utama dalam memproses semua transaksi di perusahaan. Life/Asia menggunakan System Methodology for Applications in Real-Time Common Business-Oriented Language (SMART COBOL) sebagai bahasa pemrograman untuk aplikasi didalamnya. SMART COBOL merupakan pengembangan dari bahasa native COBOL yang mendukung pemrosesan data secara cepat dan tepat, serta dapat bersinkronisasi dengan aplikasi yang ditulis dalam bahasa pemrograman lain.

Dengan semakin gencarnya persaingan dalam industri asuransi, serta meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap fitur-fitur dalam polis asuransi, PT. XYZ terdorong untuk terus berinovasi dalam menghasilkan produk-produk asuransi baru bagi para nasabah. Agar dapat menerapkan fitur-fitur yang khas dari produk asuransi baru ini, diperlukan pengembangan pada sistem New Business and Operations sesuai dengan spesifikasi produk tersebut. Sistem New Business and Operations adalah sebuah sistem end-to-end yang berguna untuk melaksanakan seluruh transaksi yang melibatkan polis asuransi, mulai dari pengajuan polis, pengaktifan polis, klaim, serta operasi-operasi lain yang dilakukan sepanjang daur hidup sebuah polis.

Pengembangan sistem New Business and Operations ini bertujuan menghasilkan sebuah sistem yang mampu menerapkan seluruh fitur yang dimiliki produk asuransi baru yang akan dipasarkan oleh PT. XYZ sesuai dengan spesifikasi produk dan kebutuhan user. Selain itu, sistem ini juga harus dapat bekerja beriringan dengan sistem lain yang saat ini berjalan di dalam sistem Life/Asia.

Hal yang melatarbelakangi pengembangan sistem New Business and Operations ini adalah adanya kebutuhan akan sebuah sistem yang handal dan efisien untuk dapat mendukung proses bisnis produk asuransi baru yang akan ditawarkan oleh PT. XYZ.

 

 


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close