People Innovation Excellence
 
Feature Image

PengenalanTeknologi Informasi : Mengenal Apa itu Phising Penyebab, dan Mengatasinya

Phising adalah suatu metode untuk melakukan penipuan dengan mengelabui target dengan maksud untuk mencuri akun target. Istilah ini berasal dari kata “fishing” = “memancing” korban untuk terperangkap dijebakannya. Phising bisa dikatakan mencuri informasi penting dengan mengambil alih akun korban untuk maksud tertentu. Hal ini bisa saja dengan maksud mencari celah untukbeberapaakun yang terhubung dengan akun yang telah di dapat. Phishing adalah scammer berbasis e-mail yang pada dasarnya adalah penipuan dengan mengatasnamakan nama kita sendiri, biasanya phishing ini berbentuk e-mail dengan isi seperti saldo Bank karena kita nasabah dan juga pemberitahuan yang penting mengatasnamakan mereka sendiri, mengatasnamakan mereka sendiri dengan arti adalah mereka ini menipu atau sering juga memakai nama Bank atau Lembaga finansial yang ada di Indonesia seakan-akan E-Mail tersebut resmi sedangkan pada kenyataannya tidak. Lembaga financial di Indonesia bahkan di seluruh dunia menjaga privacy dan tidak akan pernah mengirim email tersebut kepada nasabah karena bersifat sangat privacy.

Pada dasarnya Phising didefinisikan sebagai penipuan yang memanfaatkan email untuk menguak informasi sensitif korban. Pada situs warta berita Tirto mengatakan bahwa phising memiliki 2 teknik untuk memperdaya korban agar ‘menyerahkan’ informasi mereka. Pertama, dengan menautkan virus atau malware pada e-mail phising yang dikirimkan. Pada tahun 2016, e-mail phising yang menyasar korban-korbannya, 8,89% melampirkan rojan-downloaderJS.Agent. sebuah program jahat yang mengancam system komputer siapapun. Teknik kedua adalah e-mail phising akan berisi tautan menuju situs web asli namun palsu sebuah Lembaga atau perusahaan.

Para tersangka pembuat phising, biasanya akan membuat situs web atau perusahaan semirip mungkin dan terlihat sangat asli dan dijadikan langganan si korban dengan sangat baik, jika korban masuk situs tersebut maka lenyaplah informasi yang dimilikinya

Cara mengantisipasi terjadinya hal phising tersebut saya membaca dari website berita Tekno Kompas dan mereka merangkum tata cara yang diberikan oleh Lembaga Anti-Virus yaitu bernama Kapersky untuk memberitahu tips untuk mencegah kejadian hal tersebut :

  1. Untuk situs social media seperti Facebook dan Instagram, buatlah bookmark untuk halaman login atau mengetik URL facebook.com secara langsung di browser address bar.
  2. Jangan mengklik link pada pesane-mail yang terlihat mencurigakan.
  3. Hanya mengetik data rahasia pada website yang aman.
  4. Mengecek akun bank Anda secara regular dan melaporkan apapun yang mencurigakan kepada bank
  5. Kenali tanda GiveAway yang ada dalam e-mail phising:
  6. Jika hal itu tidak ditujukan secara personal kepada Anda.
  7. Jika anda bukan satu-satunya penerima e-mail.
  8. Jika terdapat kesalahan ejaan, tata Bahasa atau sintaks yang buru kata kekakuan lainnya dalam penggunaan Bahasa. Biasanya ini dilakukan penyebar phising untuk mencegah filtering.
  9. Menginstall software untuk keamanan internet dan tetap meng-update antivirus.
  10. Menginstall patch
  11. Waspada terhadap e-mail dan pesan instan yang tidak diminta.
  12. Berhati-hati ketika login yang meminta hak Administrator. Cermati alamat URL-nya yang ada di addess bar.
  13. Backup data Anda.

Sumber:

  1. https://tirto.id/waspada-pencurian-data-lewat-phising-cnbt
  2. https://tekno.kompas.com/read/2009/05/27/17001058/10.tips.mencegah.serangan.phising
  3. https://idcloudhost.com/mengenal-apa-itu-phising-penyebab-dan-mengatasinya/


Published at : Updated
Written By
Azani Cempaka Sari, S.Kom., M.T.I

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close