People Innovation Excellence
 
Feature Image

AUTONOMOUS CAR

Autonomous car atau bisa juga disebut Mobil otonom juga dikenal sebagai mobil tanpa pengemudi, Mobil otonom adalah mobil yang memiliki kemampuan ntuk berkendara layaknya dikendalikan seperti manusia padahal mobil tersebut bergerak dengan mengunakan rangkaian  AI (Artificiall intelegent) serta rangkaian sensor yang disusun teknologi tersebut adalah salah satu teknologi yang sedang giat dikembangkan oleh beberapa perusahaan kendaraan bahkan beberapa negara pun mendukung adanya perkembangan teknologi tersebut,seperti contohnya adalah negara Inggris yang turut menginvestasikan 19 juta pound untuk teknologi tersebut di 4 kota,bahkan jalanan di negara tersebut diperbolehkan untuk para pengembang produsen menguji coba kendaraan autonom pada saat musim panas tentunya harus ada orang yang duduk didalam mobil tersebut agar terhindar dari kecelakaan di situasi mendesak.

Selain Inggris, Mobil otonom juga diterima dengan baik di UEA (Uni Emirat Arab), Dinas jalan raya dan transportasi Dubai juga telah memulai studi mengenai penggunaan mobil otonom, serta merupakan bagian dari rencana pemerinah untuk mengesahkan 2015 sebagai tahun inovasi di negara tersebut. Pabrikan besar seperti Nissan,Toyota,Mercedes benz,Volvo punt turut serta mengembangkan hal tersebut,mobil mobil otonom tersebut juga  dilengkapi fitur fitur khusus layaknya radar gelombang militer,scanner laser,kamera,dan human machine interface untuk mendukung kemudi secara otonom

Teknologi autonom tersebut dapat dibagi dalam 5 level :

-Level     1: Asisten pengemudi dibutuhkan

-Level     2: Pilihan Otomatisasi sebagian tersedia

-Level     3: Otomisasi kondisional

-Level     4: Otomatisasi tinggi

-Level     5: Otomatisasi penuh

Teknologi tersebut bekerja dengan rangkaian kamera digital, GPS, Sistem ECU yang di setting sedemikian rupa, Radar, serta adanya fungsi otomatis yang menggerakan stir mobil serta mengendalikan akselerasi dan deselerasi pada pedal gas Beberapa pabrikan yang sudah menjual bebas kendaraan serta teknologi tersebut ialah Tesla dengan Model X, Model S nya, serta yang dikatakan mobil paling canggih dalam teknologi otonom yaitu Audi dengan Audi A8 terbarunya

Lalu apa hal positif yang dapat kita ambil?

Hal hal positif yang dapat kita ambil dari mobil Otonom adalah disaat berada didalam mobi pengemudi dapat dengan efektif mengerjakan kegiatan lainnya (contoh : sambil mengerjakan beberapa pekerjaan lain secara multitasking), Memudahkan  kita dalam hal parkir dan lain – lain. Namun disisi lain ada beberapa resiko yang bisa terjadi , yaitu memiliki resiko technology error, yang dapat mengakibatkan kecelakaan, harus selalu terhubung ke internet agar mendapatkan info gps (cenderung sulit digunakna di tempat yang sulit dijangkau dengan akses internet (misal di daerah pegunungan atau terpencil), penyalahgunaan oleh oknum tertentu, Rentan terhadap serangan Cracker dan lain – lain.

Azani & Ivan

Sumber :

http://intersport.id/automotive/enggak-semuanya-sama-ini-level-teknologi-mobil-autonomous

https://momobil.id/news/apa-itu-mobil-otonom-ini-dia-penjelasannya

https://oto.detik.com/mobil/d-3036914/apa-itu-mobil-otonom

Mobil Otonom Sedang Jadi Hot Issue, Bagaimana Perkembangannya?


Published at : Updated
Written By
Azani Cempaka Sari, S.Kom.,M.T.I
Subject Content Coordinator Network Centric | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close