People Innovation Excellence
 

SEKILAS TENTANG BAYESIAN STATISTIK

Bayesian berlandaskan pada ide-ide berikut:

  1. Aturan probabilitas  digunakan  secara  langsung  untuk  melakukan  inferens  tentang parameter
  2. Pernyataan probabilitas tentang parameter diinterpretasikan sebagai “derajat kepercayaan”. Distribusi prior adalah Setiap orang bisa memilih priornya sendiri, yang mengandung bobot relatif yang diberikannya pada parameter tersebut, yang mengukur bagaimana sejauh mana bisa diterima/dipercaya setiap parameter tersebut sebelum percobaan.
  3. Setelah itu kita menyesuaikan kepercayaan/penerimaan kita pada parameter tersebut setelah memperoleh data dengan menggunakan teorema Bayes, sehingga akan menghasilkan distribusi posterior, yang memberikan bobot relatif tiap parameter setelah data Distribusi posterior diperoleh dari dua sumber, yaitu : distribusi prior dan data pengamatan.

Bayesian didasarkan pada teorema Bayes yang menyatakan bahwa peluang bersyarat A dengan suatu nilai B yang diketahui akan sama dengan:

Sumber :

Box, G. E. P., and Tiao, G. C. (1973), Bayesian Inference in Statistical Analysis, New York, Willey Classics.

Nariswari,R. , Iriawan, N. (2012), Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan, Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Flexi Mobile Broadband Di Wilayah Surabaya Dengan Pendekatan Sem Bayesian, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.


Published at : Updated
Written By
Rinda Nariswari, S.Si., M.Si
Lecturer of Statistics | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close