People Innovation Excellence
 
Feature Image

MENGENAL VIRUS KOMPUTER, SEJARAH, JENIS, SERTA PENANGGULANGANNYA

Virus Komputer merupakan suatu program atau aplikasi yang dapat memperbanyak, dan menyebar dengan sendirinya, dan menyebabkan efek negatif pada komputer yang terjangkit. Biasanya virus masuk kedalam komputer dengan cara menyisipkan dirinya dalam suatu file ataupun program. Efek yang ditimbulkan virus komputer pun beragam, mulai dari hilangnya file dari komputer, timbul error yang tidak biasa (misalnya freeze), program tidak dapat digunakan, hingga file yang dicuri. Virus juga dapat memungkinkan untuk merusak hardware pada komputer. Komputer yang terjangkit banyak virus biasanya sudah tidak bisa di bersihkan dengan antivirus lagi, dan salah satu caranya adalah membersihkan / format harddisk dalam komputer.

Lalu sejak kapan virus itu ada ? Virus sudah ada sejak pertama kali komputer muncul. Pertama kali virus yang dibuat adalah Perang Program atau Core War, dibuat dengan tujuan menyerang, memperbaiki dan memusnahkan program. Pada intinya, virus diciptakan untuk hal-hal yang berdampak merugikan. Seiring berkembangnya virus, pertahanan virus juga semakin berkembang untuk mencegah penyebaran yang semakin marak dan kerusakan yang tidak diinginkan. Pada tahun 1989, ditemukan virus polimorf, virus yang dengan sendirinya dapat mengubah diri menjadi varian baru yang terkenal dengan V2Px. Sekitar tahun 1990, ditemukan juga virus DIR II memiliki kemampuan menginfeksi program dengan cara menyerang data-data FAT.

            Jenis – jenis virus pun tidak hanya 1 jenis. Banyak sekali jenis – jenis virus, dan memiliki dampak yang berbeda – beda.

  1. Trojan
    Trojan adalah virus yang dibuat dengan tujuan untuk mencuri data serta mengkontrol data korban. Virus ini masuk kedalam komputer lewat internet, email, dan lain – lain.

  1. Worm
    Worm dikategorikan sebagai virus yang tidak membahayakan, namun mengganggu. Pasalnya, jika komputer terjangkit virus worm dibiarkan terlalu lama, worm akan menggandakan dirinya sendiri dan membuat space pada harddisk pengguna penuh.

  1. Memory Resident
    Biasa akan menyerang RAM. Komputer yang terjangkit virus ini biasanya sering mengalami perlambatan pada program ketika dijalankan.
  1. Companion Virus
    Merupakan virus yang cukup sulit untuk di Track. Virus ini cukup mengganggu karena  dapat mengubah format dari file kita. Hal tersebut membuat file kita tidak dapat dibuka atau bahkan sulit ditemukan
  1. FAT Virus
    Atau File Allocation Table Virus adalah virus yang cukup berbahaya, karena memiliki kemampuan untuk menghancurkan file kita. Selain menghancurkan, bisa saja virus ini menyembunyikan file – file kita, sehingga seakan akan hilang atau terhapus.

Dan masih banyak lagi.

Banyak efek samping yang dapat diakibatkan oleh virus, efek samping ini dapat mempengaruhi program maupun sistem komputer. Beberapa keluhan yang umum terjadi akibat infeksi virus komputer antara lain adalah:

  • Memory harddisk yang tiba-tiba menjadi sangat penuh
  • File atau program yang corrupt
  • File tiba-tiba hilang atau hidden
  • Sistem mudah restart dan mati dengan sendirinya
  • Muncul beberapa file atau program baru di komputer tanpa diinstal

Walaupun virus dapat mengakibatkan banyak hal negative, namun kita masih bisa mencegah dan mengatasi virus yang telah atau akan menginfeksi komputer kita. Berikut beberapa langkah-langkah yang dapat di lakukan:

  • Install pembaruan komputer dan anti virus
    Kalian harus memastikan bahwa komputer kalian selalu di update setiap kali ada update baru, karena biasanya update merupakan perbaikan dan penambahan dari versi yang sebelumnya.
  • Berhati-hati saat download atau menggunakan public Wi-Fi
    Wi-Fi gratis bukanlah hal yang selalu bagus, karena apabila anda sedang berada di area public, Wi-Fi gratis bisa aja merupakan jebakan yang disiapkan oleh hacker untuk mencuri data dan informasi maupun menyisipkan virus terhadap komputer anda. Koneksikan perangkat anda ke Wi-Fi yang benar-benar terpercaya.
  • Scanning anti virus terhadap portable device
    Selalu berhati-hati akan portable device yang akan terhubung ke komputer anda (contohnya usb atau flashdisk) kalian harus selalu melakukan scanning untuk device yang bersifat portable karena portable device sering kali membawa virus dari komputer lain.
  • Backup data secara berkala
    Ini merupakan rencana cadangan apabila komputer anda telah terinfeksi oleh virus komputer. Biasakan untuk melakukan backup terhadap data-data yang penting, karena apabila data benar-benar telah terinfeksi oleh virus ataupun hilang, maka anda masih memiliki data-daa utama yang berada di lokasi atau perangkat berbeda dan anda bisa mengakses data tersebut dengan aman.

Referensi

What is a Trojan Horse, and how can we protect ourselves from it

By admin – http://nuevovirus.info/virus-blaster/, Public Domain, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=17225105

Penulis : 
Edward Irwansjah Putra; Hendry Varianto; Malvin Santoso; Remy; Bayu Kanigoro


Published at : Updated
Written By
Bayu Kanigoro, S.Kom., M.T
Concentration Content Coordinator Network Technology | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close