People Innovation Excellence
 
Feature Image

Pengenalan QR Code

QR Code (Quick Response Code) adalah barcode dua dimensi yang dapat menyimpan data. QR Code dikembangkan oleh Denso Corporation, Jepang dan dapat digunakan secara gratis, bahkan untuk keperluan komersial. Berikut adalah contoh dari QR Code:

QR code dapatdibacamenggunakanberbagaisoftware gratis yang tersedia pada berbagai platform. Gunakan kata kunci “QR Code Scanner” atau “QR Code Reader” di Google Play Store atau Apple App Store.

Besaran data yang dapat disimpan bervariasi, tergantung pada versi QR Code, ukuran QR Code dan tingkat Error Correction Capability-nya.

Berikut tabel yang menunjukkan variasi besaran data yang dapat dimuat QR Code:

Error Correction Capability (ECC) menunjukkan batasan QR code masih dapat terbaca ketika terjadi kerusakan pada QR code tersebut.QR Code dapat rusak ketika dicetak dan diletakkan pada kemasan produk dapat rusak.

Keuntungan vs Kerugian QR Code

Berikut adalah pertimbangan dalam implementasi QR Code. Keuntungan penggunaan QR Code antara lain:

  1. Gratis dalam pembuatan dan penggunaannya
  2. Tersedia QR Code scanner gratis
  3. Menghemat kertas
  4. Ukuran kecil
  5. Tidak perlu membeli perangkat khusus scan QR Code
  6. Sistem dapat cepat memberikan respon terkait hasil scan.

Sedangkankekurangan QR code antara lain:

  1. QR code hanya mudah diakses oleh pengguna smartphone.
  2. Pengguna smartphone harus download aplikasi QR Code Scanner terlebih dahulu.

Static QR Code vs Dynamic QR Code:

Gambar tersebut mengilustrasikan static dan dynamic QR Code. Static QR Code adalah QR Code yang berisi tautan kesebuah halaman web yang tetap. Penggunaan static QR code menyebabkan konten QR Code tidak dapat diubah.

Dynamic QR Code adalah QR Code berisi sebuah URL singkat yang kemudian dialihkankehalaman web yang lain. Penggunaan dynamic QR code menyebabkan QR code dapat digunakan ulang terus menerus.

QR Code Dengan Aplikasi Mobile Khusus

QR code dapat berisikonten yang umum, seperti URL ke sebuah halaman web atau unduhan file, business card, dan lain-lain. QR code sejenis ini dapat di-scan dengan QR-scanner  apapun. Namun demikian, terdapat QR code yang dikhususkan untuk di-scan menggunakan aplikasi tertentu. Jika QR code jenis ini di-scan menggunakan sembarang QR-scanner, akan menghasilkan pesan yang tidak dimengerti. Berikut adalah contoh QR-code untuk https://web.whatsapp.com ketika di-scan menggunakan QR scanner pada umumnya:

Pesan tersebut tidak dapat dimengerti, karena adalah sebuah pesan encrypted dari aplikasi Whatsapp. Jika di-scan menggunakan menggunakan aplikasi Whatsapp, akan terjadi navigasi ke Whatsapp web suatu akun. Oleh karena itu, QR code sejenis ini  hanya dapat digunakan dengan melakukan scan dengan aplikasi tertentu.

Referensi:


Published at : Updated
Written By
Aswin Wibisurya, S.Kom, M.TI.
Subject Content Coordinator – Mobile Entrepreneurship | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close