Circular Story Form
Circular story form merupakan gambaran dari tahapan-tahapan hero’s journey yang ditemukan oleh Volger. Story yang dirancang menggunakan Circular story from akan berakhir pada tempat awal story tersebut dirancang. Setiap langkah-langkah yang ada di circular story form akan membentuk karakter player dari pemain biasa menjadi seorang hero. Langkah-langkah dari Volger’shero’s journey adalah:
- The ordinary world
The ordinary world adalah dimana pemain bertemu dengan hero dan diperkenalkan kepada latar belakang hero tersebut dan kehidupan normalnya.
- The call to adventure
The call to adventure adalah pertama kali firasat dari hero untuk meninggalkan pengamanan dari ordinary world dan memasuki special world untuk memulai petualangan.
- The refusal of the call
The refusal of the call menceritakan tentang penolakan dari dalam diri hero terhadap perjalanan yang harus ia tempuh.
- The meeting with the mentor
The meeting with the mentor menceritakan saat hero bertemu dengan sosok mentor yang membuatnya menjadi terinspirasi.
- Crossing the first threshold
Crossing the first threshold menceritakan saat hero berhasil melewati rintangan pertama yang di hadapinya.
- Test, allies and enemies
Test, allies and enemies menceritakan hubungan hero dengan orang-orang di sekitarnya serta rintangan yang ia temui selama perjalanan.
- The approach to the innermost cave
The approach to the innermost cave menceritakan tentang persiapan sang hero dalam menghadapi rintangan besar yang akan terjadi selanjutnya.
- The ordeal
The ordeal menceritakan rintangan yang sangat berat yang mengancam nyawa sang hero.
- The reward
The rewardmenceritakanapa yang di dapatkanoleh sang hero setelah dapat menyelesaikan rintangan sebelumnya.
- The road back
The road back menceritakan perjalanan hero setelah mendapat reward dan hendak kembali ke dunia asalnya
- The resurrection
The resurrection adalah suatu poin di dalam cerita dimana segala macam masalah akan diselesaikan disini.
- The return with reward
The return with reward menceritakan sang hero telah kembali ke dunia asalnya untuk melanjutkan kehidupannya seperti biasa dan ini merupakan ending dari cerita.
Referensi:
Rollings, A., & Adams, E. (2003). Andrew Rollings and Ernest Adams on Game Design. United States of America: New Riders Publishing.