Circular story form merupakan gambaran dari tahapan-tahapan hero’s journey yang ditemukan oleh Volger. Story yang dirancang menggunakan Circular story from akan berakhir pada tempat awal story tersebut dirancang. Setiap langkah-langkah yang ada di circular story form akan membentuk karakter player dari pemain biasa menjadi seorang hero. Langkah-langkah dari Volger’shero’s journey adalah:

  • The ordinary world
    The ordinary world adalah dimana pemain bertemu dengan hero dan diperkenalkan kepada latar belakang hero tersebut dan kehidupan normalnya.
  • The call to adventure
    The call to adventure adalah pertama kali firasat dari hero untuk meninggalkan pengamanan dari ordinary world dan memasuki special world untuk memulai petualangan.
  • The refusal of the call
    The refusal of the call menceritakan tentang penolakan dari dalam diri hero terhadap perjalanan yang harus ia tempuh.
  • The meeting with the mentor
    The meeting with the mentor menceritakan saat hero bertemu dengan sosok mentor yang membuatnya menjadi terinspirasi.
  • Crossing the first threshold
    Crossing the first threshold menceritakan saat hero berhasil melewati rintangan pertama yang di hadapinya.
  • Test, allies and enemies
    Test, allies and enemies menceritakan hubungan hero dengan orang-orang di sekitarnya serta rintangan yang ia temui selama perjalanan.
  • The approach to the innermost cave
    The approach to the innermost cave menceritakan tentang persiapan sang hero dalam menghadapi rintangan besar yang akan terjadi selanjutnya.
  • The ordeal
    The ordeal menceritakan rintangan yang sangat berat yang mengancam nyawa sang hero.
  • The reward
    The rewardmenceritakanapa yang di dapatkanoleh sang hero setelah dapat menyelesaikan rintangan sebelumnya.
  • The road back
    The road back menceritakan perjalanan hero setelah mendapat reward dan hendak kembali ke dunia asalnya
  • The resurrection
    The resurrection adalah suatu poin di dalam cerita dimana segala macam masalah akan diselesaikan disini.
  • The return with reward
    The return with reward menceritakan sang hero telah kembali ke dunia asalnya untuk melanjutkan kehidupannya seperti biasa dan ini merupakan ending dari cerita.


Referensi
:
Rollings, A., & Adams, E. (2003). Andrew Rollings and Ernest Adams on Game Design. United States of America: New Riders Publishing.