People Innovation Excellence
 

Aplikasi Yang Digunakan Untuk Penyunting Video Dalam Multimedia

Penyuntingan video

Pengeditan video adalah manipulasi dan pengaturan pengambilan video. Pengeditan video digunakan untuk menyusun dan menyajikan semua informasi video, termasuk film dan acara televisi, iklan video. Pengeditan video telah mengalami demokratisasi secara dramatis dalam beberapa tahun terakhir dengan mengedit perangkat lunak yang tersedia untuk komputer pribadi. Mengedit video bisa sulit dan melelahkan, sehingga beberapa teknologi telah diproduksi untuk membantu orang dalam tugas ini. Perangkat lunak pengedit video berbasis pena dikembangkan untuk memberikan orang cara yang lebih intuitif dan cepat untuk mengedit video.

Aplikasi edit video memiliki banyak segmen perangkat untuk menjalankan aplikasi tersebut, seperti Android, windows, ios dan masih banyak yang lainya, akan tetapi aplikasi untuk windows lah yang paling banyak digunakan karenakan pengeditan video termasuk pekerjaan yang berat dan windows biasa di gunakan oleh perangkat komputer atau laptop yang biasanya memiliki mesin yang lebih unggul di banding handphone yang berbasis android.

Berikut beberapa aplikasi untuk edit video:

  1. AVS Video Editor
    AVS Video Editor adalah perangkat lunak pengeditan video yang diterbitkan oleh Online Media Technologies Ltd. Ini adalah bagian dari rangkaian perangkat lunak AVS4YOU yang mencakup video, audio, pengeditan dan konversi gambar, pengeditan dan memasukan data ke disk, konversi dokumen dan program pembersih registri. Ia menawarkan peluang untuk membuat dan mengedit video dengan beragam efek video dan audio, teks, dan transisi, merekam video dari layar, kamera web atau kamera DV dan pita VHS, merekam suara, membuat menu untuk disk, serta menyimpannya ke banyak format file video, memasukan data ke disk atau menerbitkannya di Facebook , YouTube , Flickr , dll.
    Rilis awal AVS Video Editor adalah pada tahun 2003 ketika program tersebut ditawarkan di dalam bundel perangkat lunak AVS bersama dengan AVS Video Tools, AVS Audio Tools, dan perangkat lunak Copy DVD. Pada tahun 2005 program ini ditawarkan sebagai bagian dari rangkaian perangkat lunak AVS4YOU multifungsi.
  1. Adobe Premiere Pro
    Adobe Premiere Pro adalah aplikasi pengeditan video yang dikembangkan oleh Adobe Systems dan diterbitkan sebagai bagian dari program lisensi Adobe Creative Cloud . Pertama kali diluncurkan pada tahun 2003, Adobe Premiere Pro merupakan penerus dari Adobe Premiere (pertama kali diluncurkan pada tahun 1991). Ini diarahkan untuk mengedit video profesional, sementara saudara kandungnya, Adobe Premiere Elements , menargetkan pasar konsumen.
    Premiere Pro mendukung pengeditan video resolusi tinggi hingga 10.240 × 8.192  resolusi , hingga 32-bit per warna saluran, baik dalam RGB dan YUV . Pengeditan tingkat sampel audio , dukungan plug-in audio VST , dan pencampuran suara surround 5.1 tersedia. Arsitektur plug-in Premiere Pro memungkinkannya untuk mengimpor dan mengekspor format di luar yang didukung oleh QuickTime atau DirectShow, mendukung beragam format file video dan audio serta codec pada MacOS dan Windows. Ketika digunakan dengan garis Neo plug-in Cineform , ini mendukung pengeditan 3D dengan kemampuan untuk melihat materi 3D menggunakan monitor 2D, sambil membuat penyesuaian mata kiri dan kanan individu.
  1. iMovie
    iMovie adalah aplikasi perangkat lunak pengeditan video yang dikembangkan oleh Apple Inc. untuk perangkat macOS dan iOS . Ini awalnya dirilis pada tahun 1999 sebagai aplikasi Mac OS 8 yang dibundel dengan model Mac konsumen FireWire pertama yang diaktifkan – iMac DV . Sejak versi 3, iMovie telah menjadi aplikasi macOS -hanya disertakan dengan rangkaian aplikasi iLife dari Mac. Pada 2013, iMovie dimasukkan secara gratis dengan pembelian perangkat Mac atau iOS baru dan telah bebas untuk semua pengguna sejak 18 April 2017.
    iMovie mencakup opsi untuk mengubah dan meningkatkan pengaturan warna video, memotong dan memutar klip video, menstabilkan video goyah, menambahkan transisi video (seperti pudar), dan mengubah kecepatan (kecepatan) atas atau memperlambat) klip. Ada efek video multi-klip, seperti membuat cutaway, menggunakan layar hijau / biru untuk memotong subjek dan mengganti latar belakang dengan klip yang berbeda, membuat layar terbagi, dan gambar efek dalam gambar. iMovie juga dapat memanipulasi dan meningkatkan audio proyek dengan mengurangi kebisingan latar belakang dan meningkatkan level audio klip yang tenang.

REFERENSI

https://en.wikipedia.org/wiki/Video_editing
https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_video_editing_software
https://en.wikipedia.org/wiki/Comparison_of_video_editing_software
https://en.wikipedia.org/wiki/AVS_Video_Editor
https://en.wikipedia.org/wiki/Adobe_Premiere_Pro
https://en.wikipedia.org/wiki/IMovie

Author : Dheo Gildas, Alfredo Halim, Fikry Muhammad, Muhammad Algiefari, Thea Kevin.
Supervised by : Irma Kartika Wairooy, S.Kom., M.TI


Published at :
Written By
Irma Kartika Wairooy, S.Kom., M.TI
Lecturer of Computer Science | School of Computer Science
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close