People Innovation Excellence
 

Multimedia Skills

Multimedia Skill adalah keterampilan sebuah individual atau kelompok dalam membuat multimedia project. Menurut Leonardo da Vinci, untuk membuat multimedia yang bagus maka kita memerlukan bermacam keterampilan dalam mengolah komputer, teks, animasi, sound dan video, keterampilan tersebut sering disebut sebagai multimedia skill set. Multimedia skill set dapat dikerjakan secara individual maupun kelompok yang terdiri dari beberapa orang yang ahli pada bidangnya sering disebut sebagai Multimedia Team. Multimedia team terdiri dari 8 bagian spesialis yaitu  Project Manager, Multimedia Designer, Interface Designer, Writers, Sound Producer, Video Producer, Multimedia Programmer, Producers of Multimedia for the Web.

Project Manager bekerja sebagai penanggung jawab terlaksananya pekerjaan project setiap harinya. Project Manager juga bertanggung jawab atas dana, jadwal, waktu kerja, dan kerjasama antar tim. Project Manager yang baik harus memiliki pengetahuan yang lebih luas dan mengerti kekuatan maupun limit dari hardware dan software supaya project manager dapat membuat keputusan yang tepat untuk project yang sedang dikerjakan. Dan Project Manager harus bisa membuat timnya bekerjasama dengan baik, memiliki kepekaan yang tinggi terhadap design yang bagus, project manager harus membangun suasana lebih termotivasi agar tim lebih giat dalam pekerjaannya.

Multimedia Designer bekerja agar project terlihat lebih menarik, multimedia designer mengatur visual konsistensi menggunakan elemen yang mendukung dalam program. Multimedia designer yang bertugas agar membuat agar petunjuk navigasi harus konsisten, icon harus memiliki arti, dan elemen screen harus simple. Multimedia designer harus memiliki skill yang beragam, dan harus bisa menganalisis konten dengan terstruktur. Dalam bekerja, Multimedia Designer dibagi menjadi beberapa kelompok seperti, Instructional Designer bekerja sebagai specialist dibagian edukasi atau latihan dan memastikan pokok bahasannya jelas dan disajikan dengan baik untuk dipresentasikan kepada audiens yang dituju. Selanjutnya ada Interface Designer bekerja sebagai perancang jalur naviasi. Lalu ada Information Designer bekerja sebagai penyusun konten, menentukan jalur user.

Interface Designer bekerja menyediakan control untuk user dan juga menyediakan akses ke elemen multimedia tanpa memanggilnya. Dan harus membuat user memiliki akses atau mengganti konten. Jika ingin menjadi Interface Designer kita harus memiliki skill mengenali banyak multimedia interface agar kita dapat mengvisualisasi ide seperti yang didiskusikan.

Writers atau yang sering disebut sebagai content writers bekerja sebagai penulis semua aktivitas, mereka menulis proposal, naskah,  narasi actor, dan mereka juga mengembangkan desain karakter untuk lingkungan yang interaktif.

Video Spesialis bekerja memproduksi dan mengatur komposisi video sebaik mungkin agar video terlihat menarik. Video specialist harus memiliki background kuat sebagai video editor, nonlinear editing dan menyiapkan digital video untuk mengefisiensi project. Video Spesialis juga harus pandai dalam mengetahui teknik dasar tentang merekam video yang bagus dan harus familiar dengan Teknik digital editing di computer, selain itu mereka juga harus pandai bekerja menggunakan green screens untuk mengkomposisi live video dengan computer background.

Audio Spesialis bekerja untuk menghidupkan project menjadi lebih menarik dengan mendesain music, suara narasi, dan sound effects. Audio Spesialis bertanggung jawab untuk mengseleksi dan menempatkan musik yang cocok, mengatur jadwal rekaman, dan mengedit rekaman menjadi file computer.

Multimedia Programmer atau software engineer bekerja mengintegrasikan seluruh elemen multimedia dari proyek dengan bahasa pemrograman. Multimedia Programmer juga harus berperan dalam memperluas kemampuan system. Multimedia programmer harus memiliki skill dan pengalaman dalam menjalankan ActionScript, JavaScript, Flash, HTML5, PHP,  C++, Macintosh, dan Windows. Selain itu Multimedia Programmer harus familiar dengan digital media dan digital video.

Producers of Multimedia for the Web bekerja sebagai pembuat World Wide Web, dengan menempatkan koordinat kedalam world wide web dan juga dengan rutin mengupdate dan mengganti koordinat. Produser harus bekerja secara responsible untuk membuat web project dari konsep implementation untuk eksternal dan internal client. Untuk devisi ini diperlukan orang yang sangat kreativ untuk membuat ide yang menarik. Selain itu pekerjaan Producers of Multimedia for the Web adalah memelihara dan mengupdate konten situs, mengatur dokumen dan mengembangan fitur situs baru.

Agar kita dapat membentuk suatu project yang berhasil maka diperlukan adanya Team Work sehingga dapat meringankan pekerjaan suatu individual , dan dapat hasil yang maksimal. Untuk mengembangkan team work kita dapat membangun relasi dan komunikasi antar team sehingga team dapat bekerja sama.

References :

Tay Vaughan(2010). Multimedia : Making It Work (Eighth Edition).Appleton,Maina. https://www.academia.edu/30686382/Multimedia_Making_It_Work_by_Tay_Vaughan


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close