People Innovation Excellence
 

Graphics and Image Data Representation & Popular Image Format

Gambar (Image) merupakan suatu representasi spatial dari suatu object, dalam pandangan 2 Dimensi (2D) atau 3 Dimensi (3D). Gambar 2D atau 3D bisa berasal dari: tangkapan kamera, scanner, lensa, teleskop dan benda buatan manusia. Biasanya dua dimensi yang mempunyai kemiripan dengan suatu object biasanya obyek-obyek fisik atau manusia. Hasil tangkapan tersebut akan disimpan dalam bentuk file digital.

Beberapa format gambar yang dihasilkan dari hasil tangkapan kamera atau aplikasi gambar atau animasi yang popular seperti Macromedia  Director diantaranya adalah: .BMP, .DIB, .GIF, .JPEG/.JPG, .PNT, .PNG, .PSD, .TGA, .TIFF, .WMF.

Fitur Format File

  • 1-bit image, masing-masing pixel di simpan dalam single bit (0 atau 1) sehingga di sebut binary image. Disebut juga 1-bit monochrome image karena tidak mempunyai warna.
  • 8-bit image, masing-masing pixel mempunyai gray value antara 0 s/d 255. Masing-masing pixel direpresentasikan oleh single Byte. (dark mempunyai kemungkinan nilai 10 sedangkan bright kira-kira bernilai 230).
  • 24-bit image Format gambar yang menggunakan 24 bits untuk merepresentasikan warna pada tiap pixel. Setiap komponen RGB disimpan sebagai integer 8-bit, sehingga total memerlukan 24 bit. Hal ini digunakan agar dapat menciptakan suatu warna yang detail.

Format Format

  • GIF: Dibuat oleh Compuserve pada tahun 1987 digunakan untuk menyimpan berbagai gambar dengan bitmap format menjadi sebuah file yang mudah untuk diubah pada jaringan komputer.
  • JPEG: Merupakan singkatan dari Joint Photographic Experts Group, sebuah nama komite yang bertugas untuk membuat standart fotografis.
  • PNG: (Portable Network Graphics) dikembangkan pada tahun 1995 dan menjadi rekomendasi W3C pada tahun 1996, dan telah berkembang pada hampir semua Web browser hingga tahun 1998.
  • BMP: Bitmap atau format file DIB (untuk DeviceIndependent Bitmap). Adalah format file gambar yang digunakan untuk menyimpan bitmap digital image
  • TIFF: Merupakan singkatan dari Tagged Image File Format yang merupakan salah satu jenis format file image yang digunakan untuk berbagai keperluan, meliputi fotografi dan line art. Diperkenalkan pada tahun 2003. Disingkat dengan PDF. Suatu format dokumen buatan dari Adobe System Inc.
  • PICT: PICT digunakan pada MacDraw (Vector Based Drawing Program) untuk menyimpan struktur graphic.

Author : ADAM DWI SUSANTO (1701340000)
Supervisi : Hady Pranoto


Published at : Updated
Written By
Hady Pranoto, S.Kom., M.T.I
Concentration Content Coordinator - Interactive Multimedia | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close