People Innovation Excellence
 
Feature Image

Augmented Reality

Augmented Reality atau yang biasa disebut dengan AR adalah teknologi yang memperluas dunia fisik kita dengan cara menambahkan lapisan informasi digital kedalamnya akan tetapi Augmented Reality ini berbeda dengan Virtual Reality  atau biasa disebut dengan VR. Augmented Reality muncul ditampilan langsung dari lingkungan yang ada dan menambah suara, video, dan grafis kedalamnya sehingga kita dapat melihat, mendengar, mencium dan merasakan.

Bayangkan misalnya anda sedang mengemudi dijalanan, dengan Augmented Reality elemen digital grafis yang akan muncul dibidang yang anda pandang, seperti pada kacamata dan kaca mobil anda.

Lalu misalnya ketika anda sedang membaca Koran dalam Koran tersebut tidak hanya menampilkan tulisan atau foto saja, akan tetapi dalam Koran tersebut anda dapat melihat video dan juga bisa mendengarkan suara yang keluar melalui Koran tersebut.

Cara Kerja Augmented Reality

(https://docplayer.info/72825737-Interaksi-scaling-terhadap-object-augmented-reality-dengan-tangan-3d-alami-menggunakan-pendekatan-stereo-vision.html)
  1. Kamera menangkap data dari marker dalam dunia nyata dan mengirimkan informasinya ke computer.
  2. Software pada computer akan melacak bentuk kotak dari marker dan mendeteksi beberapa video pada framenya.
  3. Jika kotak telah ditemukan, maka software menggunakan perhitungan matematis untuk menghitung posisi dari kamera relative terhadap kotak hitam pada marker.
  4. Setelah dikalkulasi model grafis akan muncul pada posisi yang sama dan berada didalam lingkup kotak hitam. Lalu ditampilkan ke layar untuk melihat grafis dalam dunia nyata.

Manfaat dan Penggunaan Augmented Reality

Augmented Reality ini sangat berguna untuk membantu untuk mempermudah pekerjaan dalam beberapa bidang, misalnya:

  1. Hiburan : dalam dunia Hiburan AR dibutuhkan untuk menunjang efek-efek yang akan dihasilkan. Contohnya : ketika wartawan cuaca sedang menyiarkan keadaan cuaca yang sedang terjadi, bisa dijadikan seolah- olah wartawan tersebut masuk kedalam animasi awan tersebut.
  2. Engineering Design : disini AR lebih dibutuhkan karena digunakan untuk menunjukan hasil design secara nyata kepada client. Sehingga client lebih mudah dan tertarik untuk melihat detailnya.
  3. Kedokteran : didalam kedokteran AR biasanya digunakan untuk pengenalan operasi, jadi bisa lebih mudah lagi untuk memperlihatkannya.
  4. Consumer Design : digunakan untuk mempromosikan produk, agar informasi yang ingin diberikan lebih lengkap secara 3D.

Authors: Magha Purnama Wijaya (1901470411)

Supervisi: Hady Pranoto, S.Kom, M.T.I.


Published at : Updated
Written By
Hady Pranoto, S.Kom., M.T.I
Concentration Content Coordinator - Interactive Multimedia | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close