People Innovation Excellence
 

Mobile Multimedia

Mobile anda pasti sudah tahu apa itu mobile tidak mungkin ada orang tidak tahu tentang mobile. Jaman sekarang ini mobile utamanya telah banyak di gunakan semua orang hingga mendunia, alat yang sangat simpel  ini banyak membantu semua pekerjaan sehari-hari umat manusia sepenuhnya dari Komunikasih, Melakukan browsing, Pemyimpanan data dan melakukan interactive. Itu semua adalah hal dasar dari yang kita tahu dalam menggunakan sebuah mobile device tapi apa arti sebenarnya mobile itu.

Mobile Device Atau (Cellphone,Handheld device, Handheld Computer, paling sederhana Handheld) adalah alat computing device yang berukuran saku atau seukuran tanggan, ciri khas nya mempunyai layar tampilan (display screen) dengan layar sentuhatau menggunakan keyboard mini. Dulu alat seperti ini di bilang sebagai PDA(Personal Digital Assistant) prosess sederhananya adalah pemasukan (Input) dan keluaraan (Output). Alat mobile ini sekarang sudah berkembang menjadi sebuah alat yang sangat changgih yang di sebut Smartphone yang meyediakaan pelayaan dan keyamanan dalam bekerja.

Sekarang ini Smartphone memiliki sebuah feature yang banyak sekali paling banyak di bagian sistem aplikasihnya dan multimedianya. Multimedia data sekarang bisa di cari dengan sebuah aplikasih yang di sebut browsing atau search engine, ini adalah salah satu sistem pencarian data yang paling efisien dan cepat dengan menggunakan sebuah alat mobile atau computer yang terhubung dari Internet user, semua data atau sebuah informasi bisa di ambil melalui sebuah distribushi structure database. Hasil yang di dapat dari database nya sesuai yang anda cari di search engine tersebut prosses nya megeluarkan sebuah hasil prosses yang besar dan banyak dengan waktu yang sangat singkat.

Dalam prosses User Interface (Tampilan) salah satu hal yang paling penting dalam mobile multimedia, dari sebutan semua orang tampilan adalah segalahnya karena hal pertama yang di lihat adalah tampilan, semua bentuk aplikasi dan web harus memiliki User Interface tanpa User Interface kita tidak bisa melakuakan sebuat kordinasi yang tepat dan jelas dalam alat yang kita gunakan. Dalam pembuataan User Interface dalam mobil yang paling sulit di karenakan keterbatasaan tampilan nya atau tampilannya terlalu kecil untuk dilihat dan di berikan. Contoh nya sebuat pembuataan aplikasi di mobile sering mempunya sistem search engine untuk mencari ketentuan yang di inginkan, masalahnya semua mobile device memiliki banyak jenis dan versinya itu membuat para developer kesulitaan. Contoh User Interface yang paling bagus di website dan aplikasih sekarang ini You tube dan Wikipedia dari tampilan mereka yang simpel dan menarik banyak user yang tertarik ingin menggunakan aplikasi dan website mereka.

Mobile device communication bagian utama dalam mobile di karena mobile gabunggan dari telephone atau phone (alat komunikasih). Banyak orang menggunakan mobile device sebagai alat komunikasi dengan mengunakan text dan voice call, yang paling berkembang dalam komunikasi sekarang ini seperti video call dan aplikasi chat, dalam sebuah komunikasi mobile device sistem chat yang banyak di gunakan sekarang ini banyak sekali jenis nya tapi yang paling populer di seluruh dunia sekarang ini adalah LINE dan Whatsapp, dalam komunikasi multimedia platforms dalam peningkatnya daya Tarik multimedia memaksa operator seluler mobile untuk menyediakan layanan yang lebih bermanfaat dan mengembangkan teknologi jaringan mereka untuk secara efektif mendistribusikan konten media seperti ke komunikasi seluler mobile.

Mobile device dalam User Interaction contohnya seperti game portable (PSP, NDS, Game BOY, Sega Game Gear,DLL) dalam interactive banyak mobile device yang di gunakan untuk bermain video game, dalam peralatan portable sama juga dengan Namanya mobile tapi portable berbasis satu jenis sistem computing nya. Selain itu mobile device yang mengfocuskan User Interaction bukan hanya bermain tetapi bisa juga di gunakan dalam pengguanan editing seperti table drawing,dan animation.

Wireless Multimedia adalah bagian network paling dasar dalam mobile memberikan pelayanaan komunikasih berbentuk tanpa kabel yang menggunakan GSM hanya sebuah peyidiaan informasi service yang bisa memberikan anda bisa masuk ke internet yang ada biasanya dalam bentuk standar seperti WWW dan FTP. Dalam peyediaan informasi service ini technology banyak membantu mengembangkan marketing dan operasi market lain nya.

Mobile device menghabiskan banyak kehidupan kita sehari-hari. Perangkat ini dan teknologi media terkait, khususnya teknologi berbasis cloud, memainkan peran yang semakin penting dalam kehidupan sehari-hari jutaan orang di seluruh dunia. Media dapat diunduh ke perangkat dengan podcasting atau dapat dialirkan melalui internet.

Referesi

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Mobile_device
  2. https://en.wikipedia.org/wiki/Mobile_media

Author :
Vieri Leonardy
Alvin Septiwan
Michael
Michael Christian
Winston Tandi 

Supervised : Irma Kartika Wairooy, S.Kom., MTI


Published at : Updated
Written By
Irma Kartika Wairooy, S.Kom., M.TI
Lecturer of Computer Science | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close