People Innovation Excellence
 
Feature Image

Pengalaman Sebagai Business Analyst

Berprofesi sebagai Business Analyst atau biasa disebut BA terkadang memang cukup menyenangkan karena dapat bertemu dengan berbagai tipe orang. Namun sebenarnya apa itu BA?

BA atau Business Analyst sendiri adalah seseorang yang bertanggung jawab dalam menerima dan mengumpulkan informasi ‘business problem’ dari seorang client dan stakeholder, menganalisa dan kemudian menerjemahkan hasil analisis tersebut kedalam bentuk dokumen hingga disetujui oleh client dan stakeholder yang selanjutnya dapat dimengerti oleh programmer.

BA dituntut untuk menjadi pendengar yang baik dan dapat menangkap inti ataupun maksud dari pembahasan yang dilakukan oleh client maupun stakeholder agar requirement yang didapat dan didokumenkan tidak melenceng dari apa yang sudah disepakati bersama dengan client maupun stakeholder. Tidak hanya dituntut sebagai pendengar yang baik, BA juga dituntut untuk dapat membuat design mockup sederhana. Seorang BA pun harus dapat mengerti dalam hal modeling atau mapping mengenai bisnis proses, semisal BA dapat mengerti dalam menggunakan tools untuk mempermudah pekerjaannya seperti Visio, Trello, dll.

Pada umumnya Business Analyst memiliki pengalaman sebagai programmer atau insinyur, atau bahkan menyelesaikan gelar ilmu komputer. Namun, BA tidak harus selalu bekerja dalam proyek yang berkaitan dengan IT, sehingga keahliannya juga sering diperlukan dalam bidang lain. BA memiliki tanggung jawab memahami struktur, kebijakan, dan proses produksi suatu perusahaan maupun organisasi dan merekomendasikan solusi, cara serta metode yang memungkinkan perusahaan untuk mencapai tujuannya dan memiliki jiwa problem solver.

Menjadi seorang BA memiliki pengalaman yang cukup menarik. Bertemu orang baru sehingga dapat menambah ilmu atau pengetahuan mengenai bisnis proses yang sebelumnya tidak diketahui.

Apa duka menjadi seorang BA? Sejujurnya, duka menjadi seorang BA ialah dokumentasi. Untuk membuat dokumentasi ini BA harus jelas mendetailkan apa saja yang baru dibicarakan oleh client agar programmer dapat mengerti maksud perubahan yang diinginkan oleh client. Karena, jika salah sedikit saja programmer dapat protes jika ia disalahkan oleh client karen mengikuti dokumentasi yang BA buat. Selain itu, BA adalah orang pertama yang akan dimarahi oleh client jika aplikasi yang dikerjakan programmer tidak sesuai dengan apa yang mereka minta.

Apa yang dapat menjadikan diri sebagai BA yang baik? Berikut tips untuk menjadi BA sebagaimana pengalaman yang ada :

  1. Be Resourceful
    BA  dituntut harus tahu cara menemukan jawaban yang tepat untuk masalah – masalah tertentu. Seorang BA berpikir dengan baik agar dapat mendapatkan solusi yang baik dan itu membutuhkan cukup waktu.
  1. Terus mengembangan skill
    BA yang baik tidak cepat puas untuk melakukan hal yang sama persis setiap saat. Terus mencari tahu dan menerapkan berbagai teknik analisis bisnis yang baru.
  1. Terima saat anda salah
    BA bukanlah manusia yang sempurna, anda akan mendapatkan beberapa kesalahan di sepanjang perjalanan. Jangan terlalu keras dengan diri sendiri dan jangan jelaskan kesalahan anda bahkan jika anda memiliki pembelaan. Minta maaf dan lanjutkanlah pekerjaan anda dan tidak mengulangi kesalahan.

Referensi :

https://en.wikipedia.org/wiki/Business_analyst

https://www.systemation.com/5-tips-for-a-good-business-analyst/

https://informatikamu.id/tugas-seorang-business-analyst/

https://www.batimes.com/articles/8-tips-for-the-newbie-business-analyst.html


Published at :
Written By
Hanry Ham., S.Kom., M.Eng
Concentration Content Coordinator - Intelligent Systems | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close