People Innovation Excellence
 
Feature Image

STATISTIKA BINUS DALAM RAPAT KOORDINASI SENSUS PENDUDUK 2020

Kita pasti sudah familiar dengan kata POPULASI dan SAMPEL. Bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah Statistika pasti pernah membaca mengenai definisi populasi dan sampel. Jika menggunakan definisi yang ada dalam textbook maka definisi dari populasi adalah kumpulan seluruh elemen yang akan diteliti sedangkan sampel adalah bagian dari populasi tersebut. Sensus merupakan proses pengumpulan informasi deskriptif mengenai anggota sebuah populasi. Jadi jika terdapat 1000 anggota populasi maka akan dikumpulkan informasi dari 1000 anggota tersebut. Menurut Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik, sensus adalah cara pengumpulan data yang dilakukan melalui pencacahan semua unit populasi di seluruh wilayah Republik Indonesia untuk memperoleh karakteristik suatu populasi pada saat tertentu. Di Indonesia, adabeberapamacamsensus yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik, salah satunyaSensusPenduduk yang dilaksanakansetiap 10 tahunsekali.

Pada tahunini, Badan Pusat Statistik akan melakukan Sensus Penduduk. Menurut Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 51 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Statistik, Sensus Penduduk adalah cara pengumpulan data yang dilakukan melalui pencacahan seluruh penduduk yang bertempat tinggal atau berada di wilayah Republik Indonesia. Ada 2 tujuan yang hendak dicapai dalam Sensus Penduduk 2020. Pertama, menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia menuju SATU DATA KEPENDUDUKAN INDONESIA (de facto dan de jure). Kedua, menyediakan parameter demografi dan proyeksi penduduk (fertilitas, mortalitas, dan migrasi) serta karakteristik penduduk lainnya untuk keperluan proyek si penduduk dan indicator SDGs.Untuk mencapai tujuan tersebut, BPS melakukan langkah-langkah yang dianggap perlu, salah satunya adalah melakukan koordinasi dengan Perguruan Tinggi di Indonesia yang memiliki jurusan Statistika.

Jurusan Statistika Universitas Bina Nusantara merupakan salah satu jurusan yang menghadiri Rapat Koordinasi antara BPS dan Perguruan Tinggi yang dilakukan di Malang, tanggal 6-9 Februari 2020. Salah satu agenda yang dibahas adalah keterlibatan mahasiswa dalam Sensus Penduduk 2020. Hal ini kemudian telah ditindak lanjuti dengan adanya rapat koordinasi antara Jurusan dan Himpunan Mahasiswa Statistika (Himstat) dan Himpunan Mahasiswa Matematika dari Universitas Bina Nusantara. Salah satu peranan mahasiswa dalam Sensus Penduduk ini adalah sebagai Agen SP Online.

Sensus Penduduk (SP) Online akan dilaksanakan mulai tanggal 15 Februari 2020 sampai 31 Maret 2020. Dalam SP Online, penduduk melaksanakan sensus secara mandiri melalui sensus.bps.go.id. Adapun tahapan pelaksanaannya dapat dilihat sebagai berikut.

  1. Masuklah kelaman sensus.bps.go.id.
  2. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK)dan nomor Kartu Keluarga (KK) Anda
  3. Lalu klik “Cek Keberadaan”.
  4. Jika pertama kali melakukan akses pada SP Online, buatlah kata sandi dan pilih pertanyaan keamanan yang paling sesuai. Lalu klik “Buat Password”.
  5. Masukkan kata sandi yang telah dibuat,lalu klik “Masuk”.
  6. Bacalah panduan awal mengenai pengisian SP Online, lalu klik “Mulai Mengisi”.
  7. Pilihlah bahasa yang paling dikuasai.
  8. Ikuti petunjuk dan jawablah seluruh pertanyaan yang diberikan dengan jujur dan sebenar-benarnya.
  9. Setelah mengisi seluruh pertanyaan, klik tombol “Kirim”.
  10. Unduh atau kirimkan bukti pengisian pada email Anda dengan terlebih dahulu mengisikan alamat email.

Untuk menuju SATU DATA KEPENDUDUKAN INDONESIA, mari sukseskan SP2020.


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close