People Innovation Excellence
 

Teknologi dan Market HaloDoc

Halodoc adalah aplikasi yang menghubungkan praktisi kesehatan, seperti dokter, apotek, dan laboratorium langsung ke tangan pasien. HaloDoc menyediakan fitur konsultasi medis melalui video call (teleconsultation), pembelian obat melalui Apotik Antar (Apotik Berbasis Layanan Online), serta pemeriksaan lab secara on-demand. Walaupun bergerak pada bidang jasa online, HaloDoc tidak menggantikan pusat – pusat kesehatan yang ada karena terdapat aturan yang ada pada HaloDoc untuk tidak boleh menghasilkan diagnosis dan pemberian resep, sehingga dokter konvensional yang ada fungsinya tidak tergantikan dengan layanan HaloDoc. Selain itu, HaloDoc juga memiliki Directory yang memuat informasi mengenai dokter – dokter dan pusat kesehatan yang ada di Indonesia. HaloDoc juga mengembangkan fitur Appointment untuk memudahkan follow up setelah konsultasi dengan cara bertemu dengan dokter terkait dengan konsultasi. Untuk pembayaran, HaloDoc

Pada sisi market, HaloDoc menargetkan masyarakat dengan kebutuhan terhadap pelayanan kesehatan yang cepat, mudah, dan efektif. Sebelumnya, pasien memiliki berbagai kendala saat membutuhkan pelayanan kesehatan, mulai dari menunggu obat, antrian yang panjang serta sulitnya membuat perjanjian dengan dokter untuk melakukan konsultasi kesehatan. Menurut CEO Mhealth Tech (Pengembang HaloDoc) Jonathan Sudharta, HaloDoc memiliki tujuan membuat suatu ekosistem kesehatan berorientasi konsumen lengkap, seperti konsep layanan kesehatan terpadu yang sangat menjunjung tinggi keamanan dan keselamatan pasien sampai kepada pelayanan terpadu. Dengan sebelumnya sudah memiliki layanan jejaring sosial dokter LinkDokter, yang memiliki lebih dari 16 ribu dokter pada basis datanya dan layanan apotik on –  demand Apotik Antar selama lebih dari 2 tahun, maka hal tersebut menjadikan HaloDoc dapat melayani masyarakat dengan kebutuhan terhadap pelayanan kesehatan dengan lebih maksimal. Selain itu pada sisi aplikasi, HaloDoc menargetkan pengguna web dan pengguna smartphone dengan disediakannya pada platform Android serta iOS dalam penyebaran aplikasinya.

Keunikan aplikasi HaloDoc adalah pada layanan yang diberikan. Biasanya, kita melakukan konsultasi kepada dokter dengan cara mendatangi tempat praktik dokter yang bersangkutan. Dengan HaloDoc, pasien dapat melakukan konsultasi tanpa perlu tatap muka dengan dokter. Pasien dapat melakukannya dengan fitur chat, telepon, ataupun bertatap muka secara online dengan menggunakan video call. HaloDoc juga menyediakan fitur pembelian obat, pemeriksaan lab, asuransi, pencarian rumah sakit, serta pembuatan janji dengan dokter yang seluruhnya dilakukan secara online. Hal ini yang menjadi keunikan lebih dari aplikasi HaloDokter.Untuk metode pembayaran jasa yang digunakan, HaloDoc memberikan beberapa opsi diantaranya menggunakan Halodoc Wallet, Kartu Debit/Kredit, serta Go-Pay sebagai alat pembayarannya untuk mempermudah transaksi secara online.

Sumber :

Penulis:

  • Yogi Udjaja, S.Kom., M.T.I
  • Oktovio Ryan Suliyanto

Published at : Updated
Written By
Yogi Udjaja, S.Kom., M.T.I
Lecturer of Computer Science | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close