People Innovation Excellence
 
Feature Image

Berpetualang Di Zaman Purba Bersama ARK: Survival Evolved

Dalam review game design kali ini, game ARK: Survival Evolved menceritakan seorang manusia yang terdampar di sebuah pulau misterius bernama ARK. Sebagai manusia tersebut, player akan diminta untuk bertahan hidup di pulau tersebut tanpa bantuan apapun. Player akan berusaha mencari makan dan membangun rumah serta menjinakkan semua makhluk yang tinggal disana. Player akan berusaha mencari barang untuk membangun sekaligus bergabung ataupun berperang dengan player lain.

Di dalam game ini player dapat membangun rumah untuk melawan kondisi alam ataupun makhluk agresif lain. Player dapat mengumpulkan berbagai sumber daya alam dan membangun pertahanan pribadi terhadap dinosaurus ataupun player lain.

Player dapat menjinakkan berbagai jenis dinosaurus untuk membantunya dalam bertahan hidup. Proses penjinakan ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti tranquilizer taming, non-violent taming, ataupun turret taming. Kebanyakan dinosaurus dapat dijinakan dengan membius dan memberinya makan (tranquilizer taming) namun beberapa dinosaurus dapat atau harus dijinakan dengan cara non-violent taming dimana player akan disuruh memberi dinosaurus makan tanpa menyerang atau melukai dinosaurus tersebut. Cara terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan cara turret taming, hanya beberapa dinosaurus yang harus dijinakkan dengan cara ini. Cara ini, seperti namanya mengharuskan player menggunakan turret ataupun senjata berat lainnya untuk ‘menidurkannya’.

Jika player merasa bosan, player dapat mengikuti raid atau dungeon yang telah disediakan. Player akan membawa serta berbagai jenis dinosaurus untuk melawan bos yang disediakan. Jika player berhasil mengalahkan bos tersebut player akan mendapatkan berbagai barang langka yang hanya didapat di dalam raid tersebut. Player juga dapat mengikuti kegiatan PvP, dimana player mengetes kemampuannya dengan menyerang base player lain. PvP merupakan sebuah fenomena yang sangat umum di game ini, karena tidak adanya batasan yang diberikan sehingga player bebas menyerang siapa saja.

Sumber:

https://store.steampowered.com/app/346110/ARK_Survival_Evolved/

Penulis:

  • Yogi Udjaja, S.Kom., M.T.I
  • Delvin

Published at :
Written By
Yogi Udjaja, S.Kom., M.T.I
Lecturer of Computer Science | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close