People Innovation Excellence
 
Feature Image

Dosen SoCS Menciptakan Aplikasi Dashboard Binus Corona Virus COVID 19

Dalam menghadapi pandemi Covid 19 sekarang ini, School of Computer Science BINUS University dengan dukungan Esri Indonesia membuat dan mengembangkan aplikasi dashboard BINUS Corona Virus COVID-19. Aplikasi ini dibuat dan dikembangkan oleh Dr. Edy Irwansyah, Prof. Widodo Budiharto, Dr. Sani M Isa, dan Bp Danu Widyatmoko. Pengembangan aplikasi Binus Corona Virus COVID-19 dikembangkan menggunakan platform Esri dalam sebagai bagian dari penelitian prediksi perkembangan corona virus COVID-19 di Indonesia sejak awal hingga beberapa bulan kedepan. Pengembangan dashboard dimungkinkan berkat dukungan platform dalam rangka kerjasama SoCs Binus University dan Esri Indonesia sejak tahun 2017 yang menjadikan Binus sebagai bagian Education Partner Esri diIndonesia.

Tujuan dari dibuatnya GIS dashboard ini adalah sebagai alat untuk memetakan dan memonitor perkembangan dan penyebaran kasus COVID-19 di Indonesia secara umum dan juga di tiap tiap Provinsi. Data kasus yang digunakan dan yang ditampilkan merupakan data yang bersumber dari Gugus tugas Percepatan Penanganan COVID-19 (https://www.covid19.go.id/) dan kementrian kesehatan RI.

Adapun manfaat dari penggunaan dashboard COVID 19 adalah memudahkan pengguna untuk mengetahui jumlah dan distribusi kasus COVID-19 di Indonesia serta distribusinya dimasing masing Provinsi setiap hari. Pada Dashboard tersedia dua jenis informasi baik dalam bentuk tekstual maupun dalam bentuk spasial (Peta)

Untuk rencana kedepannya dashboard ini akan digunakan juga untuk memantau kondisi kesehatan binusian (mahasiswa, dosen, karyawan) khususnya terhadap pandemi COVID-19 yang mengintegrasikannya dengan aplikasi berbasis mobile.

Diharapkan dengan adanya aplikasi Binus Corona Virus COVID-19, dapat meningkatkan pengetahuan mengenai informasi kasus COVID 19 di Indonesia serta meningkatkan kewaspadaan kondisi kesehatan masing-masing individu.


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close