People Innovation Excellence
 
Feature Image

User Experience of Game : The Legend of Zelda: Breath of The Wild

Nintendo belum lama ini merilis konsol hybrid terbarunya yaitu, Nintendo Switch. Kehadiran konsol ini menghadirkan game The Legend of Zelda : Breath of The Wild sebagai salah satu launch titlenya dan juga WiiU. Zelda BOTW membawa suasana nostalgia bermain Zelda saat kecil namun diiringi dengan penceritaan dan grafik yang menarik. Game ini dapat dibilang sebagai game Zelda terbaik sepanjang sejarah Nintendo.


Pertama-tama, kapabilitas grafis Zelda BOTW pada Nintendo Switch berupa 720p saat handheld mode dan 900p saat didock ke TV. Saat dimainkan dengan handheld mode, grafis terlihat cerah namun saat partikel dalam layar banyak maka akan menghalangi pandangan player untuk melihat jarak jauh. Hal ini tidak terjadi saat cuaca cerah, hanya terjadi saat hujan berkabut atau hujan salju. Hal ini tidak terjadi pada TV mode karena player dapat me-setting TV mode menjadi Full Range RGB yang akan menghasilkan grafik yang sangat jernih dan warna yang jelas.

Sebagai game open world, Zelda BOTW memberikan kebebasan kepada player untuk mengeksplorasi keseluruhan map tanpa ada hambatan. Hambatan yang ada hanyalah monster-monster dan juga penghalang untuk naik ke tower atau ke shrine. Dengan diberikan kebebasan seperti ini, player dapat memilih untuk menguatkan diri atau langsung melawan boss dari game Zelda yang sangat terkenal yaitu Ganon. Direkomendasikan untuk mengunjungi shrine yang ada untuk memperkuat karaktermu dan juga mendapatkan equip dan gear yang kuat. Secara keseluruhan map sangatlah besar dan banyak berisi ruang kosong dan pegunungan. Mungkin untuk menyelesaikan game ini secara tuntas (100% run) dibutuhkan waktu lebih dari 40 jam in game time.

Dari sisi gameplay, BOTW membawa tema layaknya hack and slash dengan tambahan mekanisme yang unik. Sebagai contoh parry untuk mereflect serangan musuh dan flurry attack. Mekanisme combat mudah dipelajari karena control yang diberikan tidak terlalu sulit untuk sebuah RPG. Fitur cooking juga sangat membantu untuk progress dalam game karena hasil dari cooking dapat membantu meningkatkan stats atau memberikan resistance terhadap dingin,panas, atau shock. Challenge pun ditambah lagi dengan adanya main quest yang super sulit dan juga special quest dan side quest yang ikut membantu menambah tingkat kesulitan dalam game. Berdasarkan pengalaman, dengan adanya kebebasan untuk mengeksplorasi seluruh map tanpa terkecuali, difficulty curve serasa tidak stabil karena player tidak diberikan petunjuk untuk berjalan kemana.

Zelda BOTW memang bukan game yang mudah, namun semakin player berusaha untuk progress dalam game maka akan memberikan hasil yang sangat memuaskan. Player dapat mendapatkan pedang dan tameng klasik dalam game Zelda,Master Sword dan Hylian Shield, apabila player berusaha sekuat mungkin untuk mencapai tempat dimana senjata ini berada. Player dapat melihat guide untuk lokasi equip dan gear. Terlebih lagi jika player sudah berhasil menaklukkan shrine-shrine tersulit dan juga dungeon Four Beasts yang sangat sangat sulit. Kami tidak akan spoil itu biarlah player mencobanya sendiri untuk megalami betapa memuaskannya saat mengalahkan konten tersulit dalam game ini.

Game ini memiliki lingkungan yang super realistis dengan cuaca dan hukum fisika yang dapat diterima. Cuaca hujan memengaruhi licin dan beceknya jalan. Saat Link berjalan dalam hujan, terdengar bunyi cipratan air tiap kali Link menginjakkan kakinya. Link juga bisa kedinginan dan mati kedinginan. Ia juga bisa mati tenggelam. Semua yang player bisa harapkan semuanya ada dalam game ini.

Secara singkat, story dimulai saat Link dibangkitkan kembali dari tidurnya selama 100 tahun untuk melawan Calamity Ganon dan menyelamatkan kembali Princess Zelda beserta Hyrule Kingdom. Link bangkit dari tidurnya dengan keadaan lupa ingatan dan Link berkelana untuk mengembalikan ingatannya beserta mengembalikan kedamaian di Hyrule yang telah direbut oleh Ganon.

Secara keseluruhan, Zelda BOTW memberikan pengalaman bermain yang sangat immersive dan menegangkan namun sangat memuaskan pada saat yang sama. Grafik yang dihadirkan dan lingkungan sangatlah indah dan realistis. Voice acting dalam bahasa Inggris dan bahasa Jepang (untuk Zelda BOTW versi Jepang) sangatlah menarik seperti anime-anime. Dunia yang dihadirkan sangatlah luas dan memberi kebebasan untuk kita eksplor. Isu terbesar hanyalah frame drop saat banyaknya partikel dalam layar melebihi batas. Namun di luar itu, game ini berhasil menarik kami untuk bermain kembali di depan konsol untuk berjam-jam.

Kami mempunyai beberapa top list game, game ini telah berhasil untuk mencapai top game list kami karena apa yang dapat diharapkan dari sebuah RPG ada dalam game ini (kecuali crafting). The Legend of Zelda BOTW layak mendapatkan rating sangat tinggi untuk game design dan mechanics, gameplay, art, dan sound. Isu besar hanya pada frame drop mungkin karena spesifikasi dari Switch tidak terlalu tinggi namun overall game ini adalah launch title terbaik untuk konsol Nintendo Switch.

Penulis:

  • Yogi Udjaja
  • Josiah Elisha

Published at :
Written By
Yogi Udjaja, S.Kom., M.T.I
Subject Content Coordinator - Game Art & Design | School of Computer Science
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close