People Innovation Excellence
 

Versions of RPG Maker

RPG Maker, yang dikenal di Jepang sebagai RPG Tsukūru, Terkadang diromanisasi sebagai RPG Tkool), adalah nama dari serangkaian program pengembangan game role-playing (RPG) yang pertama kali diciptakan oleh kelompok Jepang ASCII, kemudian berhasil Oleh Enterbrain. Nama Jepang, Tsukūru, adalah sebuah kata yang mencampur kata Jepang tsukuru, yang berarti “membuat” atau “menciptakan”, dengan tsūru , transkripsi bahasa Jepang dari “alat” bahasa Inggris.

Seri RPG Maker telah dirilis terutama di Jepang, dengan versi yang lebih baru juga dirilis di Asia Timur, Amerika Utara, Eropa, dan Australia. Ini adalah mesin pengembangan game yang populer, dengan ratusan game komersial dibuat dengan menggunakan RPG Maker yang diluncurkan di Steam, misalnya.

Versi PC

RPG Maker adalah program yang memungkinkan pengguna membuat permainan video peran mereka sendiri. Sebagian besar versi termasuk editor berbasis set genteng (tilesets disebut chipset dalam versi pra-XP), bahasa scripting sederhana untuk acara penulisan ulang, dan editor pertempuran. Semua versi mencakup tilesets premade awal, karakter, dan acara yang dapat digunakan dalam membuat game baru. Salah satu fitur dari PC Versi RPG Maker program adalah bahwa pengguna dapat membuat tilesets baru dan karakter, dan menambahkan grafis baru yang pengguna inginkan.

Meskipun diarahkan untuk menciptakan permainan video role-playing, mesin ini juga memiliki kemampuan untuk membuat game dari genre lain, seperti game petualangan (salah satu contohnya: Yume Nikki) atau novel grafis dengan sedikit tweaker.

RPG Tsukūru Dante 98

Menurut Enterbrain, RPG Tsukūru Dante 98, dirilis pada tanggal 17 Desember 1992, adalah perangkat lunak pertama dari seri RPG Maker, walaupun ada beberapa versi perangkat lunak pembuatan RPG oleh ASCII yang mendahuluinya, dating kembali ke 1988. Ini, bersamaan dengan tindak lanjut RPG Tsukūru Dante 98 II, dibuat untuk NEC PC-9801, dan permainan yang dibuat dengan program ini dapat dimainkan di komputer Windows dengan emulator yang disebut Dante untuk Windows dan D2win.

RPG Maker 95

RPG Maker 95 adalah perangkat lunak RPG Maker berbasis Microsoft Windows pertama. Meskipun versi awal, RPG Maker 95 memiliki resolusi layar yang lebih tinggi, dan resolusi sprite dan tile yang lebih tinggi daripada beberapa versi berikut.

RPG Maker 2000

RPG Maker 2000, juga disebut RM2k, merupakan rilis kedua RPG Maker untuk Microsoft Windows dan merupakan RPG Maker yang paling populer dan yang digunakan sejauh ini. [Rujukan?] Meskipun memungkinkan untuk melakukan lebih banyak hal dengan RM2k, ia menggunakan resolusi yang lebih rendah. Sprite dan ubin dari RPG Maker 95. Namun, tidak memiliki batas mencolok ‘sprite’. Tidak seperti RM95, yang hanya bisa menggunakan satu ‘set’, RM2k dapat menggunakan jumlah sprite sheet yang tidak terbatas dengan ukuran tertentu untuk setiap jenis. Tilesets juga memiliki keterbatasan yang sama. Namun, karena ubin harus dimasukkan ke dalam database, ada batas pada ubin. Namun batas ini jarang menjadi masalah (biasanya 5000), dan bahkan jika memang ada, patch tidak resmi yang dapat mengatasi batas paling jauh lebih tinggi dengan risiko potensi korupsi game.

RPG Maker 2003

RPG Maker 2003, juga disebut RM2k3, dan terkadang RM2k / 3, sebagian besar merupakan perbaikan sebesar RM2k. Permainan RM2k dapat dikirim ke RM2k3 (tapi tidak kembali ke RM2k, konversi permanen), dan sebagian besar sumber dapat dipertukarkan. Perbedaan utamanya adalah pengenalan sistem pertarungan sisi-mirip dengan yang ditemukan pada game Final Fantasy di Super NES. Ini adalah versi pertama yang dibuat oleh Enterbrain, yang sebelumnya merupakan bagian dari ASCII.

RPG Maker XP

RPG Maker XP, juga disebut RMXP, adalah pembuat RPG pertama yang bisa menggunakan Ruby, menjadikannya yang paling hebat, pemrograman-bijaksana. Namun, banyak fitur normal dan disederhanakan hadir di RM2k (3) telah dihapus. Sebagian besar fitur ini, bagaimanapun, telah diprogram dengan Ruby, dan didistribusikan secara online. RMXP berjalan pada resolusi 1024×768 (meskipun game yang dibuat di dalamnya berjalan pada 640×480), sementara menawarkan empat kali area yang bisa dimainkan pendahulunya. Selain itu, ini memungkinkan kontrol pengguna yang lebih besar terhadap ukuran sprite (tidak ada peraturan ukuran gambar yang spesifik untuk sprite sheet) dan aspek desain permainan lainnya. Pengaturan yang lebih terbuka ini, ditambah dengan dimasukkannya Ruby Game Scripting System (RGSS), membuat RPG Maker XP lebih fleksibel daripada versi yang lebih tua dalam seri, dengan biaya kurva belajar yang lebih curam. Setelah merilis Windows Vista, banyak pengguna mengalami masalah kompatibilitas, walaupun perbaikannya tergolong sederhana. XP menggunakan sistem tempur non-sprite front-view yang memungkinkan penggunaan latar belakang Battle (Battlebacks). Kedua karakter dan musuh memiliki sprite pertempuran statis, dan antarmuka cukup sederhana

RPG Maker VX

RPG Maker VX, juga disebut RMVX, tanggal rilis Jepangnya adalah 27 Desember 2007, dan tanggal rilis resmi di Amerika adalah 29 Februari 2008. Pada pembuat baru ini, antarmuka lebih mudah digunakan, memungkinkan pengguna baru membuat Permainan dengan mudah Framerate ditingkatkan menjadi 60 frame per detik, memberikan animasi yang jauh lebih halus dibandingkan dengan 40fps yang sering berombak RMXP. Bahasa pemrograman Ruby masih diimplementasikan, dan pemrograman bawaan game telah dirombak untuk memungkinkan lebih banyak kebebasan untuk melakukan scripting di fitur baru. Editor baru dan RTP baru disertakan, kali ini dengan gaya “blocky” yang jauh lebih sederhana. Sistem pertarungan ini sebanding dengan seri Dragon Quest atau pendahulunya RM2k, dengan pandangan frontal dari medan perang dan deskripsi teks rinci dari setiap tindakan yang diambil. Salah satu kelemahan penting dari versi sebelumnya, bagaimanapun, adalah kurangnya dukungan untuk beberapa tileset saat pemetaan, sehingga pemain hanya dengan sejumlah ubin unik yang bisa digunakan untuk menggambarkan semua lingkungan permainan. Beberapa workarounds buatan pemain ada, namun ini tetap menjadi titik sakit di antara banyak pengguna RMVX.

RPG Maker VX Ace

RPG Maker VX Ace, juga dikenal sebagai VXAce atau hanya “Ace”, dirilis oleh Enterbrain. Ini dirilis di Jepang dalam bentuk CD dan digital pada tanggal 15 Desember 2011. Ini dirilis di Amerika Serikat pada 15 Maret 2012 sebagai unduhan digital. Itu kemudian tersedia melalui Uap, dan sekarang juga tersedia sebagai CD fisik. RPG Maker VX Ace pada dasarnya adalah versi RPG Maker VX yang dirombak, dan menghapus masalah ini dengan beberapa tileset. Pertempuran latar belakang diperkenalkan kembali, dan dipisahkan menjadi bagian atas dan bawah. Mantra, keterampilan, dan item semuanya dapat memiliki formula kerusakan dan pemulihan mereka sendiri, walaupun metode perhitungan cepat mengingatkan pada Pembuat RPG yang lebih tua tersedia. VX RTP didesain ulang untuk VX Ace, dan sebuah soundtrack baru yang menampilkan trek techno-pop berkualitas tinggi disertakan. Dengan diluncurkannya VX Ace datang sejumlah besar Paket Sumber Daya DLC, yang secara resmi ditawarkan oleh Enterbrain, dan juga tersedia melalui Steam.

RPG Maker MV

Judul terbaru dalam seri ini adalah RPG Maker MV. Pertama kali diumumkan di Weekly Famitsu, ini mencakup sejumlah perbaikan dari versi sebelumnya, memiliki dukungan multi-OS, pertempuran dengan pandangan sisi dan dukungan resolusi tinggi. Ini juga merupakan mesin pertama dalam seri yang menggunakan Javascript dan bukan Ruby, dengan penambahan plugin. Game yang telah selesai juga dapat dimainkan di perangkat mobile. RPG Maker MV juga kembali ke layered tilesets, sebuah fitur yang telah dihapus di RPG Maker VX dan VX Ace. Ini dirilis pada tanggal 23 Oktober 2015 dan diterbitkan oleh Degica.

Versi konsol

Pembuat RPG konsol pertama, RPG Tsukūru Super Dante, memulai debutnya pada tahun 1995 untuk Super Famicom, sebagai port RPG Tsukūru Dante 98. RPG Tsukūru Super Dante kemudian disiarkan melalui subunit Satellaview Super Famicom.

Versi bahasa Inggris

Secara historis beberapa versi RPG Maker telah memiliki rilis bahasa Inggris resmi, namun setiap versi Windows dari perangkat lunak dalam beberapa bentuk telah dikenai distribusi tanpa izin melalui internet. RPG Maker 95, dan juga terjemahan patch untuk judul Super Famicom RPG Maker Super Dante dan RPG Maker 2, diterjemahkan dan didistribusikan oleh sebuah grup bernama KanjiHack. Pada tahun 1999, KanjiHack ditutup setelah menerima e-mail berhenti-dan-berhenti dari pengacara ASCII. RPG Maker 95 dirilis ulang dengan terjemahan yang lebih lengkap dengan nama RPG Maker 95+ oleh seorang programmer Rusia, di bawah alias Don Miguel, yang kemudian menerjemahkan dan merilis RPG Maker 2000. Versi selanjutnya, RPG Maker 2003, Dan RPG Maker XP, juga diterjemahkan dan didistribusikan oleh seorang programmer dengan nama RPG Advocate.

Rilis PC resmi pertama dari seri PC adalah RPG Maker XP pada tanggal 16 September 2005. Dua versi berikutnya dari perangkat lunak, RPG Maker VX dan RPG Maker VX Ace keduanya menerima rilis resmi bahasa Inggris. Sejak 2010 versi Inggris RPG Maker telah diterbitkan oleh Degica, yang juga telah secara resmi merilis versi bahasa Inggris dari judul yang lebih tua RPG Maker 2000 dan RPG Maker 2003.

Versi bahasa resmi resmi pertama dari versi konsol adalah versi PlayStation pada tahun 2000, yang disebut RPG Maker, oleh Agetec. Agetec juga melokalisir RPG Maker 2 dan RPG Maker 3.

Penulis:

  • Yogi Udjaja
  • Terrece Sukri

Published at :
Written By
Yogi Udjaja, S.Kom., M.T.I
Subject Content Coordinator - Game Art & Design | School of Computer Science
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close